Kopi Kintamani Bali Diminati Hinga Mancanegara

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2016 - 17:07 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bali Coffe Festival 2016 (BCF) berlangsung di Denpasar, sebagai upaya meningkatkan kecintaan kopi bagi anak-anak muda yang melibatkan 19 stand dan diramaikan dengan 15 gerai "coffee shop".

"Potensi kopi dalam dunia industri cukup besar, karena Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan pemasok kopi ke mancanegara," kata Ketua Panitia BCF Yatna sanjaya di Denpasar, Minggu (18/12).

Ia mengatakan, Bali merupakan salah satu daerah Indonesia penghasil kopi yang cukup diminati pencinta dan konsumen kopi mancanegara.

Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang khas seperti cita rasa jeruk untuk pertama kali dipatenkan oleh pemerintah dengan dianugerahi sertifikat Geographical Indication (GI) pada tahun 2008.

Hal membuktikkan kopi Kintamani memiliki kualitas internasional, namun gaungnya lebih dikenal pencinta kopi mancanegara dibandingkan masyarakat asli Bali.

Yatna sanjaya menambahkan, kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang pertemuan para petani kopi dan pelaku usaha kopi, sekaligus menjadi momentum meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menekuni dunia kopi dengan memperoleh perkembangan informasi terbaru dari hulu hingga hilir.

Sementara tren masyarakat semakin meningkat dengan maraknya kedai kopi dibuka khususnya daerah Denpasar dan Badung.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan penghargaan "Farmer Award 2016" kepada sejumlah petani kopi di daerah ini.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Nanas (FotoDok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:44 WIB

Nanas Kediri Jatim Miliki Nilai Ekonomi Tinggi

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian menggerakkan sentra nanas di Kediri, Jawa Timur, karena memiliki nilai ekonomi tinggi, baik untuk konsumsi maupun sebagai produk ekspor.

drg. Rian Hermawan Siloam Buton (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:40 WIB

Siloam Hospitals Buton Lakukan Seminar Pentingnya Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Secara Berkala

Kesadaran sebagian masyarakat kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut masih tergolong sangat kurang. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 penduduk Indonesia yang…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:36 WIB

Go-Life #SiapBantuin Pengguna Lebih Produktif Melalui Hari Bolos Nasional

Layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Gojek melalui Go-Life kembali #SiapBantuin para pengguna menyambut Harbolnas 2018 melalui peluncuran kampanye #SiapBantuin Hari Bolos…

Product Owner Go-Points Michael Parera (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:13 WIB

Ramaikan Harbolnas 2018, Gojek Hadirkan Go-Deals

Gojek, layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, akan meramaikan Hari Belanja Online Nasional 2018 melalui layanan Go-Deals, mobile marketplace yang menghadirkan penawaran deals/voucher…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 10 Desember 2018 - 08:11 WIB

Menperin Airlangga Tantang HIPMI PT Cetak 1 Juta Wirausaha Pemula

Menteri Airlangga menargetkan kepada HIPMI PT dapat mencetak wirausaha pemula dari para anggotanya sebanyak satu juta orang. Hal ini guna memenuhi kebutuhan Indonesia sebesar 4 juta wirausaha…