Kopi Kintamani Bali Diminati Hinga Mancanegara

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2016 - 17:07 WIB

Kopi Ilustrasi
Kopi Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Bali Coffe Festival 2016 (BCF) berlangsung di Denpasar, sebagai upaya meningkatkan kecintaan kopi bagi anak-anak muda yang melibatkan 19 stand dan diramaikan dengan 15 gerai "coffee shop".

"Potensi kopi dalam dunia industri cukup besar, karena Indonesia merupakan salah satu negara produsen dan pemasok kopi ke mancanegara," kata Ketua Panitia BCF Yatna sanjaya di Denpasar, Minggu (18/12).

Ia mengatakan, Bali merupakan salah satu daerah Indonesia penghasil kopi yang cukup diminati pencinta dan konsumen kopi mancanegara.

Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang khas seperti cita rasa jeruk untuk pertama kali dipatenkan oleh pemerintah dengan dianugerahi sertifikat Geographical Indication (GI) pada tahun 2008.

Hal membuktikkan kopi Kintamani memiliki kualitas internasional, namun gaungnya lebih dikenal pencinta kopi mancanegara dibandingkan masyarakat asli Bali.

Yatna sanjaya menambahkan, kegiatan tersebut dapat dijadikan ajang pertemuan para petani kopi dan pelaku usaha kopi, sekaligus menjadi momentum meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menekuni dunia kopi dengan memperoleh perkembangan informasi terbaru dari hulu hingga hilir.

Sementara tren masyarakat semakin meningkat dengan maraknya kedai kopi dibuka khususnya daerah Denpasar dan Badung.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya memberikan penghargaan "Farmer Award 2016" kepada sejumlah petani kopi di daerah ini.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…