Berdayakan Ekonomi Bangsa, Menperin Resmikan Koperasi Industri Tanah Air

Oleh : Hariyanto | Senin, 17 Juli 2017 - 13:08 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada peresmian Koperasi Industri Tanah Air (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada peresmian Koperasi Industri Tanah Air (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Peran koperasi di tanah Air adalah sebagai inkubator pembinaan usaha. Karena, Koperasi bergerak dalam jasa wirausaha yang fokus utamanya lebih kepada peningkatan sumber daya manusia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan Koperasi (Nasional) Industri Tananh Air (KITA) yang dilaksanakan di Kementerian Perindustrian, jakarta ,Senin (17/7/2017).

Peresmian tersebut juga dihadiri Ketua BKTI, Ir. Indracahya Kusumasubrata, Sekretaris Kemenkop dan UKM, Agus Muharram, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, serta Persatuan Insinyur Indonesia dan juga Mahasiswa Teknik Industri.

Penetapan KITA tersebut, selain Kementerian Perindustrian juga melibatkan beberapa perguruan tinggi yang mempunyai prodi teknik industri. "Melibatkan juga perguruan tinggi yang ada prodi teknik industri," tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ditemui INDUSTRY.co.id usai membuka peresmian Koperasi(Nasional) Industri Tananh Air (Kita).

Saat ditanya apakah penetapan KITA ini akan mendapatkan dukungan dari Kemenperin, Airlangga mengatakan, Kementerian Perindustrian bersama kementerian koperasi mendukung penuh kehadiran KITA tersebut.

"Kalau ditandatangani disini tentu saja ada dukungan kementerian perindustrian, selain kementerian perindustrian juga ada dukungan dari Kementerian Koperasi dengan kehadiran Sekjen Koperasi," ungkap Airlangga.

Menperin mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat inklusif dan juga yang bersifat pemerataan.

Sementara itu, Ketua BKTI, Ir. Indracahya Kusumasubrata, IPU, dalam diskusi dengan para Anggota BKTI dan Perwakilan Kementerian Koperasi beberapa pekan lalu menjelaskan, BKTI saat ini memiliki jumlah anggota yang mencapai 1200-an. Sementara sarjana teknik industri itu sendiri mencapai 50 ribu lebih.

Belum lagi sarjana teknik lulusan baru dari 200 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan jumlah mahasiswa teknik industri saat ini mencapai 45 ribu.

“Ini peluang besar bagi BKTI dalam mendirikan koperasi sehingga ikut memberdayakan ekonomi bangsa. Inilah saatnya para Insinyur Indonesia membangun Indonesia dengan mencetak usaha-usaha baru,” ujar Indracahya.

Indracahya mengatakan, kehadiran koperasi adalah sebagai bentuk kepedulian BKTI PII pada ekonomi bangsa. Karena pada prinsipnya BKTI mendukung program Pemerintah dalam memberdayakan masyarakat. “ Ya kehadiran koperasi ini bagian dari usaha mendukung Pemerintah membangun Indonesia dari pinggir,” ujarnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…