Tingkatkan PAD, Pemkab Badung Bali Kembangkan Potensi Wisata MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Juli 2017 - 07:43 WIB

Soori Main pool , Bali
Soori Main pool , Bali

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melirik potensi wisatawan "meeting, incentive, convention, and exhibition" (MICE) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya contohkan Pemkab Badung melakukan investasi membangun ruang pertemuan di BNDCC, Nusa Dua, karena wisatawan MICE mulai meningkat ke Bali," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis (14/7/2017)

Hal ini dapat dijadikan suatu langkah yang sebelumnya menjadi masukan DPRD Badung yang menginginkan Pemkab Badung melakukan investasi untuk meningkatkan PAD. Selain itu, cara lain untuk meningkatkan PAD dengan membangun stadion bertaraf internasional.

"Rencanan pembangunan stadion yang bertaraf internasional ini dilakukan, untuk membangkitkan rencana wisata olah raga. Ini saya setuju," ujarnya.

Terkait kajian rekayasa detail (detail engineering design/DED) untuk induk perusahaan (holding company) dalam investasi yang dilakukan Pemkab Badung, kata dia, sudah dirancang, namun, akan segera dilakukan pengecekan proses dan tindak lanjutnya.

"Saya akan melakukan kroscek lagi di Litbang, karena sampai saat ini saya belum melihat berapa anggaran kajian untuk `holding company` ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Badung dapat meningkatkan perolehan pendapatan.

"Upaya ini diyakini, karena Badung adalah kabupaten yang sedang memperoleh pendapatan yang bayak dari sektor jasa pariwisatanya," ujarnya.

Apabila ingin menambah pendapatan tersebut, pihaknya menyaranka agar Pemkab Badung lebih meningkatkan PAD melalui inovasi dengan melakukan investasi.

Sunarta yang merupakan, Bendesa Adat Abianbase ini mengharapkan, ke depannya Pemerintah Kabupaten Badung memikirkan sumber pendapatan baru selain sektor pariwisata itu sendiri.

"Selama ini, memang Pemerintah sudah melakukan investasi seperti ikut dalam penyertaan modal di BPD Bali, Jalan Tol. Namun, hal itu masih kurang," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi investai yang akan dilakukan pemerintah untuk tetap mempertahankan iklim pariwisata di Badung. Namun, untuk menjaga iklim pariwisata ini tetap baik, perlu dengan membangun sejumlah jalan baru untuk memecah kemacetan di Badung Selatan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…