Tingkatkan PAD, Pemkab Badung Bali Kembangkan Potensi Wisata MICE

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Juli 2017 - 07:43 WIB

Soori Main pool , Bali
Soori Main pool , Bali

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melirik potensi wisatawan "meeting, incentive, convention, and exhibition" (MICE) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya contohkan Pemkab Badung melakukan investasi membangun ruang pertemuan di BNDCC, Nusa Dua, karena wisatawan MICE mulai meningkat ke Bali," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis (14/7/2017)

Hal ini dapat dijadikan suatu langkah yang sebelumnya menjadi masukan DPRD Badung yang menginginkan Pemkab Badung melakukan investasi untuk meningkatkan PAD. Selain itu, cara lain untuk meningkatkan PAD dengan membangun stadion bertaraf internasional.

"Rencanan pembangunan stadion yang bertaraf internasional ini dilakukan, untuk membangkitkan rencana wisata olah raga. Ini saya setuju," ujarnya.

Terkait kajian rekayasa detail (detail engineering design/DED) untuk induk perusahaan (holding company) dalam investasi yang dilakukan Pemkab Badung, kata dia, sudah dirancang, namun, akan segera dilakukan pengecekan proses dan tindak lanjutnya.

"Saya akan melakukan kroscek lagi di Litbang, karena sampai saat ini saya belum melihat berapa anggaran kajian untuk `holding company` ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Badung Made Sunarta mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Badung dapat meningkatkan perolehan pendapatan.

"Upaya ini diyakini, karena Badung adalah kabupaten yang sedang memperoleh pendapatan yang bayak dari sektor jasa pariwisatanya," ujarnya.

Apabila ingin menambah pendapatan tersebut, pihaknya menyaranka agar Pemkab Badung lebih meningkatkan PAD melalui inovasi dengan melakukan investasi.

Sunarta yang merupakan, Bendesa Adat Abianbase ini mengharapkan, ke depannya Pemerintah Kabupaten Badung memikirkan sumber pendapatan baru selain sektor pariwisata itu sendiri.

"Selama ini, memang Pemerintah sudah melakukan investasi seperti ikut dalam penyertaan modal di BPD Bali, Jalan Tol. Namun, hal itu masih kurang," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi investai yang akan dilakukan pemerintah untuk tetap mempertahankan iklim pariwisata di Badung. Namun, untuk menjaga iklim pariwisata ini tetap baik, perlu dengan membangun sejumlah jalan baru untuk memecah kemacetan di Badung Selatan. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…