Wagub DKI Terpilih Sandiaga Uno Komitmen Lestarikan Budaya Betawi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juli 2017 - 18:47 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan-Wakil Gub Sandiaga Uno (Foto Ist)
Gubernur DKI Anies Baswedan-Wakil Gub Sandiaga Uno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno tetap menyatakan komitmennya untuk melestarikan seni budaya Betawi seperti pencak silat Betawi.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Gebyar Festival Pencak Silat Betawi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ulujami, Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (15/7/2017)

"Sudah ada payung produk hukum yang bisa menbuat budaya Betawi semakin sejahtera. seperti Peraturan Gubernur Nomor 229. Supaya pencak silat tidak kalah jauh dari Karate dan Taekwondo hingga MMA," kata Sandiaga.

Dengan Festival pencak silat Betawi, Sandiaga memiliki mimpi menjadikan pencak silat Betawi sebagai sebuah beladiri, yang populer seperti olahraga MMA (Mixed Martial Art).

"Kami punya program yang bisa mengangkat budaya Betawi, serta menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri. Salah satu ide kami adalah bagaimana merealisasikan museum Benyamin Sueb," kata Sandiaga.

Menurut dia, merealisasikan museum tersebut tidak hanya mengangkat nilai-nilai luhur Betawi saja, tetapi juga nilai adat kebangsaan Indonesia dalam keberagaman. Budaya Betawi ini merupakan perpaduan dari banyak etnis dan kultur yang masuk di Jakarta.

"Kita bisa lihat pengaruh dari Cina daratan yang mempengaruhi ornamen-ornamen bajunya, kita juga bisa menemukan benang merah dari perpaduan Timur Tengah, Jawa, dan Sunda," kata Sandiaga.

Dia menambahkan Betawi merupakan etalase keberagaman yang ada di Ibukota, sehingga patut dilestarikan oleh warganya. Betawi simbol keberagaman sangat krusial di DKI saat ini, khususnya semasa berlangsungnya Pilkada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.