Wagub DKI Terpilih Sandiaga Uno Komitmen Lestarikan Budaya Betawi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juli 2017 - 18:47 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan-Wakil Gub Sandiaga Uno (Foto Ist)
Gubernur DKI Anies Baswedan-Wakil Gub Sandiaga Uno (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno tetap menyatakan komitmennya untuk melestarikan seni budaya Betawi seperti pencak silat Betawi.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Gebyar Festival Pencak Silat Betawi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ulujami, Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (15/7/2017)

"Sudah ada payung produk hukum yang bisa menbuat budaya Betawi semakin sejahtera. seperti Peraturan Gubernur Nomor 229. Supaya pencak silat tidak kalah jauh dari Karate dan Taekwondo hingga MMA," kata Sandiaga.

Dengan Festival pencak silat Betawi, Sandiaga memiliki mimpi menjadikan pencak silat Betawi sebagai sebuah beladiri, yang populer seperti olahraga MMA (Mixed Martial Art).

"Kami punya program yang bisa mengangkat budaya Betawi, serta menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri. Salah satu ide kami adalah bagaimana merealisasikan museum Benyamin Sueb," kata Sandiaga.

Menurut dia, merealisasikan museum tersebut tidak hanya mengangkat nilai-nilai luhur Betawi saja, tetapi juga nilai adat kebangsaan Indonesia dalam keberagaman. Budaya Betawi ini merupakan perpaduan dari banyak etnis dan kultur yang masuk di Jakarta.

"Kita bisa lihat pengaruh dari Cina daratan yang mempengaruhi ornamen-ornamen bajunya, kita juga bisa menemukan benang merah dari perpaduan Timur Tengah, Jawa, dan Sunda," kata Sandiaga.

Dia menambahkan Betawi merupakan etalase keberagaman yang ada di Ibukota, sehingga patut dilestarikan oleh warganya. Betawi simbol keberagaman sangat krusial di DKI saat ini, khususnya semasa berlangsungnya Pilkada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…