Tingkatkan Sektor Logistik, Kemenhub Bangun Tiga Bandara di Kaltara

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juli 2017 - 13:20 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi dalam Rakor di Balikpapan (Foto Setkab)
Menhub Budi Karya Sumadi dalam Rakor di Balikpapan (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Balikpapan - Kementerian Perhubungan akan membangun tiga hingga empat bandara perintis senilai Rp100 miliar di Kalimantan Utara untuk memfasilitasi transportasi masyarakat di salah satu wilayah terdepan itu.

"Kita bangun tiga atau empat titik bandara perintis di daerah Kalimantan Utara yang sulit dijangkau dari darat," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai konferensi pers hasil Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah Pusat, dan Bank Indonesia, Balikpapan, Jumat (14/7/2017)

Sumber pendanaan pembangunan bandara tersebut, menurut Budi, kemungkinan besar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2017 atau jika tidak memungkinkan, akan dari APBN 2018.

"Pendanaan dari swasta jelas swasta tidak mau, karena perintis nggak ada uangnya." ujarnya.

Pembangunan fisik bandara it ditaregetkan dapat dimulai di semester II 2017 ini. Menurut dia, pembangunan empat bandara tersebut perlu dipercepat karena kegiatan ekonomi masyarakat ke propinsi termuda itu mulai meningkat.

"Sungai tidak bisa sampai sana dan jauh sekali ratusan kilometer," ucap Budi.

Selain itu, kata Budi, lokasi juga berada di wilayah dataran tinggi.

Pembangunan bandara perintis tersebut menjadi salah satu rencana aksi pemerintah dari hasil rapat koordinasi triwulanan dengan pemerintah daerah dan Bank Indonesia.

Selanjutnya, di Kalimantan Barat, kata Budi juga akan didukung pembangunan bandara di Singkawang, kemudian bandara di Samarinda, Kalimantan Timur, untuk mendorong perekonomian daerah, khususnya untuk mendorong sumber baru pertumbuhan ekonomi.

Selain konektivitas udara, Budi menambahkan pihaknya juga akan melanjutkan pembangunan infrastruktur laut di Kalimantan, salah satunya adalah Pelabuhan Internasional Maloy, di Kalimantan Timur.

"Akan kami teruskan investasinya, dari pemerintah awalnya dan pembangunan bisa dari dalam atau luar negeri." ujar dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).