SD Darmono: Kerja Sama dengan Singapura Bantu Kesenjangan Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 15 Juli 2017 - 13:05 WIB

Setyono Djuandi Darmono, Pendiri sekaligus Chairman PT Jababeka TBK, Indonesia dalam Future China Global Forum, di Singapore
Setyono Djuandi Darmono, Pendiri sekaligus Chairman PT Jababeka TBK, Indonesia dalam Future China Global Forum, di Singapore

INDUSTRY.co.id, Singapura - Forum yang diselenggarakan selama dua hari yang oleh Business China mengumpulkan lebih dari 60 ahli di China dan 500 pemimpin perusahaan dan akademisi.

Wakil Perdana Menteri Teo Chee Hean menyampaikan pidato pembukaan melansir dari todayonline, Jumat (14/7/2017), menekankan bahwa kolaborasi dan konektivitas merupakan kunci untuk mengembangkan pemahaman bersama yang lebih besar mengenai kemungkinan dan potensi proyek Belt and Road.

"Dalam perjalanan pembangunan kita sendiri, Singapura dan China telah mengumpulkan keahlian dan pengalaman yang berguna yang dapat relevan untuk negara-negara di sepanjang Belt and Road," kata DPM Teo, yang juga merupakan co-chairman dari Singapore-China Joint Council for Bilateral.

Dalam sambutannya, ketua Bisnis China, Lee Yi Shyan, mengatakan, "Kami akan terus memperkuat jaringan cerdas Singapura-China untuk meningkatkan interkonektivitas orang ke orang. Pertumbuhan bertahap jaringan ini akan menjadi regional. Konektor yang menghubungkan Singapura dengan jaringan pasar regional."

Ren Dongyan, manajer umum China Construction Bank Singapore, menunjukkan bahwa budaya perusahaan China telah berevolusi. Sementara perusahaan seperti Alibaba memiliki kehadiran global yang kuat, banyak perusahaan lokal kecil menghadapi tantangan dalam menjelajah ke luar negeri, katanya.

Kemitraan dengan pihak ketiga dapat membantu mewujudkan potensi penuh Inisiatif Belt dan Jalan untuk meningkatkan ekonomi dan orang-orang di seluruh wilayah, kata peserta.

Sementara perbedaan budaya bisa menjadi batu sandungan, "berbagi pengalaman" dapat membantu mengatasi beberapa masalah, kata Mr Pisit Serewiwattana, presiden Bank Ekspor Impor Thailand.

"Ada peraturan dan budaya yang berbeda yang sulit untuk dihubungkan. China sendiri tidak bisa melakukannya sendiri mereka butuh kerja sama dengan mitra, "katanya.

Sementara, Setyono Djuandi Darmono, Pendiri sekaligus Chairman PT Jababeka Tbk, Indonesia, mengatakan bahwa bekerja sama dengan mitra regional lainnya seperti Singapura telah membantu menjembatani kesenjangan sosial.

"Singapura mengenal Indonesia dengan baik dan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menjadi mitra proyek di Indonesia, sekaligus dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial yang ada ," kata Darmono.

Saling percaya dan kepemilikan bersama sangat penting bagi keberhasilan Prakarsa Jalan dan Jalan, kata ketua Federasi Bisnis Singapura (SBF) Teo Siong Seng.

"Ini bukan tentang kekuatan ekonomi yang mendukung perusahaan kecil, tapi tentang perdagangan jangka panjang antar negara. Ada kebutuhan untuk menumbuhkan rasa kepemilikan lebih banyak, berinvestasi bersama dan membangun bersama. "

Menyoroti kompleksitas memilih pasangan yang tepat, CEO Surbana Jurong (Internasional) Teo Eng Cheong berkata: "Pilih beberapa mitra baik (China), bekerjalah dengan mereka untuk mengembangkan rasa saling percaya dan formula kemenangan, kemudian pergi untuk mendapatkan lebih banyak proyek bersama-sama."

Dalam forum tersebut, Business China menandatangani Memorandum of Understanding dengan total 10 organisasi lokal dan China.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…