Direktur Tat Wai Industries: KIK Akan Menjadi Kawasan Industri Modern Bertaraf Internasional

Oleh : Hariyanto | Minggu, 18 Desember 2016 - 08:20 WIB

PT Tat Wai Industries
PT Tat Wai Industries

INDUSTRY.co.id - Kendal, Keberadaan PT Tat Wai Industries menjadi perusahaan pertama yang beroperasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) sejak Agustus 2016 lalu. Direktur PT Tat Wai Industries, Hay Kok Choy mengungkapkan, secara umum fasilitas infrastruktur sedang tahap pengerjaan.

Menurutnya hal tersebut sejauh ini masih dalam taraf kewajaran dan tidak begitu mengganggu operasional perusahaan,ia yakin KIK akan menjadi kawasan industri modern bertaraf internasional.

Pria asal Singapura itu berharap fasilitas infrastruktur tersebut bisa segera dikejar oleh pengelola, Jababeka dan Sembrop. Fasilitas yang sangat dibutuhkan segera adalah water treatment dan power plant sebagai infrastruktur vital yang harus ada agar produksi perusahaan tidak terganggu.

"Infrastruktur sudah ada, cuma apabila bisa diperbaiki lagi maka akan lebih menarik investor untuk datang. Proses produksi pun tidak terganggu," kata Hay Kok Choy, Kamis (8/12).

Terkait harga tanah Rp 1,6 juta per meter persegi yang dinilai, kalangan pengusaha lokal terlalu mahal, menurut Hay Kok biaya tersebut dirasa masih sepadan dengan rencana pengembangan KIK yang bakal dijadikan kawasan industri bertaraf internasional.

"Tidak juga sih (mahal-red) karena nantinya KIK akan dikelola lebih baik, terutama fasilitasnya. Jika dibandingkan kawasan industri lain justru dengan fasilitas yang akan diberikan harga tersebut masih sepadan," ujarnya.

Ia menjelaskan, alasan ekspansi bisnis ke Indonesia, karena di negara asalnya Singapura sulit mencari lahan baru, bila pun ada harganya sangat mahal. Selain itu, Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) perkayuan cukup banyak dengan skill yang mumpuni sesuai harapan perusahaan.

Kawasan Industri Kendal dipilih sebagai lokasi berdirinya perusahaan dikarenakan kawasan industri ini dikelola oleh Sembcorp yang notabene di Singapura merupakan perusahaan milik negara. Hal itu yang membuatnya yakin KIK akan dikelola dengan baik dan memiliki nilai investasi tinggi.

"Kami percaya KIK akan dikelola dengan baik mulai dari infrastruktur hingga manajemennya. Di negara kami Sembcorp merupakan perusahaan BUMN besar yang sangat terkenal, mungkin juga di kalangan pengusaha internasional," ujarnya.

PT Tat Wai sendiri merupakan perusahaan dekorasi interior asal Singapura yang mengerjakan khusus proyek sesuai pesanan customer sejak tahun 1982.

Perusahaan ini mensuplai furniture untuk proyek-proyek lokal, industri maritim dan memberikan dukungan untuk operasional Singapura seperti interior kapal pesiar, kapal feri, termasuk hotel dan kondominium.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…