TdF 2017 Semakin Mengenalkan Flores ke Dunia Internasional

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 Juli 2017 - 07:52 WIB

Launching Event Tour de Flores 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta (Foto:facebook.com/kemenpar)
Launching Event Tour de Flores 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta (Foto:facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Maumere - Tour de Flores (TdF) 2017 digelar 14-19 Juli 2017. Ajang balap sepeda di bawah pengawasan Federasi Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) ini diharapkan dapat semakin mengenalkan Flores kepada dunia internasional.

“Kami berharap kegiatan TdF menjadi sebuah promosi yang bagus, berkualitas tinggi untuk mengangkat wisata Flores,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kensius Didimus kepada awak media di Maumere, Sikka, Rabu (12/7/2017).

TdF 2017 menempuh rute sepanjang 721,6 km yang terbagi dalam enam etape. Etape pertama, Larantuka-Maumere dengan jarak tempuh (138,8km), etape kedua, Maumere-Ende (141,3 km), etape ketiga, Ende-Mbay (111 km), etape keempat, Mbay-Borong (151 km), etape kelima Borong-Ruteng (58 km), dan etape keenam Ruteng-Labuan Bajo (121,5 km).

Sebanyak 18 tim dipastikan mengikuti TdF 2017, terdiri atas 14 tim luar negeri dan empat tim dalam negeri. Ratusan pembalap berasal dari berbagai negara di antaranya yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Australia, Prancis, Jepang, Kenya, Thailand, Tiongkok, Korea Selatan, Iran, Spanyol dan Kazakhstan.

“Tamu yang hadir tentu bukan hanya pembalap dan kru, melainkan juga wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnus). Semoga TdF 2017 akan berlangsung dengan baik dan semua tamu yang hadir bisa merasa nyaman dan terlayani,” ujar Kensius.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya secara resmi meluncurkan perhelatan TdF 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (5/7/2017). “Ajang Tour de Flores merupakan ajang promosi untuk mendatangkan wisatawan,” kata Arief saat itu.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan, TdF menjadi event berskala internasional terbesar yang diadakan secara berkala setiap tahun di NTT. “Event ini sarana mengangkat pariwisata Flores ke dunia serta mewujudkan Labuan Bajo (Manggarai Barat, NTT) sebagai destinasi wisata prioritas,” kata Frans.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.