Kementrian ESDM Targetkan Bangun Pipa Virtual Untuk LNG Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 Juli 2017 - 14:35 WIB

Kementrian ESDM (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Kementrian ESDM (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan skema pipa virtual atau virtual pipeline untuk distribusi gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) mulai dibangun pada 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan, pemerintah tengah menunggu hasil kajian dari perusahaan yang akan membangun pipa virtual tersebut, yakni PT Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara (PGN), dan PT PLN.

"Kita sekarang sedang dalam progres. Pertamina sedang melakukan studi, demikian juga PLN dan PGN. Studi mana yang paling optimum. Kita berharap tahun depan sudah implementasi," ujarnya di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Skema pipa virtual merupakan sistem penyaluran gas dari gas alam cair melalui kapal vessel LNG yang menghubungkan antar pulau di Indonesia.

Menurut Wiratmaja, banyak investor yang sudah tertarik dengan pembangunan pipa virtual yang memakan dana total infrastruktur tersebut sebesar 48 miliar dolar AS hingga 2030 mendatang.

Pembangunan pipa virtual akan dibagi dalam 4 "cluster" di wilayah yang belum memiliki infrastruktur gas, yaitu Cluster I mencakup wilayah Papua dan Papua Barat dengan kebutuhan gas mencapai 427 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Cluster II mencakup wilayah Maluku, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara dengan kebutuhan gas mencapai 290 MMSCFD. Cluster III berada di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan dengan kebutuhan gas 284 MMSCFD.

Selanjutnya, Cluster IV berada di Kepulauan Natuna dan Kalimantan Barat dengan kebutuhan gas 50 MMSCFD. "Sistem penyaluran gas menggunakan pipa virtual ini akan membuat rantai pasokan lebih efektif sehingga harga gas LNG menjadi lebih efisien," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…