APTRI Setuju Jika Kenaikan PPN 10 Persen Dikenakan Untuk Gula Impor

Oleh : Hariyanto | Kamis, 13 Juli 2017 - 14:25 WIB

Ilustrasi Gula (Ist)
Ilustrasi Gula (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jember - Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mendukung apabila Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10% dikenakan untuk gula impor. Dengan demikian PPN tidak dikenakan terhadap proses produksi gula lokal.

"Di samping juga dikenakan tarif biaya masuk yang tinggi terhadap gula impor, baik itu gula kristal putih maupun raw sugar, yang jumlahnya diimpor di atas tiga juta ton, maka proses pengolahan raw sugar menjadi gula kristal rafinasi maupun gula kristal putih maksimalkan untuk dipungut PPN 10 persen," kata Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil.

Menurut Arum, kebijakan PPN 10% untuk gula impor akan mendukung daya saing petani tebu lokal. "Produktivitas petani tebu saat ini masih di bawah 80 ton per hektare lahan dan rendemen masih di bawah delapan persen. Kalau kami dikenai PPN 10 persen, kami akan merugi. Apa artinya pajak dipungut kalau rakyatnya rugi," katanya.

Arum menilai, tidak bijak jika petani merugi, pajak justru mematikan kehidupan petani dalam mengembangkan tebu.

"Bahkan swasembada gula bisa terancam kalau petani tidak menanam tebu," katanya, sembari berharap kelak petani tebu mendapat kemudahan kredit dan varietas unggul sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus pengekspor gula.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:30 WIB

LOreal Professionnel Persiapkan 55 Backstage Hairstylist Menuju JFW 2019

LOral Professionnel kembali majukan talenta hairdresser lokal terbaik untuk berkontribusi dalam perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 pada 20-26 Oktober 2018 mendatang.

Penggagas Program LUAS IndoRunners Holil Soekawan saat menyerahkan secara simbolis total Kilometer pelari kepada Ketua Pelaksana Harian Artha Graha Peduli Heka Hertanto (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 14:25 WIB

AGP Ganti Setiap Kilometer Pelari IndoRunner Dalam Bentuk Bantuan untuk Korban Gempa Palu

Bentuk kepedulian bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya seperti yang dilakukan Artha Graha Peduli (AGP) yang bekerjasama dengan program LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) IndoRunners.…

TAUZIA Hotels (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Oktober 2018 - 13:40 WIB

TAUZIA Move Awards 2018, Penghargaan Diberikan Rayakan Para Karyawan - Kreativitas

Even perdana TAUZIA Move Awards - kompetisi tarian para karyawan dari jaringan hotel TAUZIA, baru saja digelar di Jumat 12 Oktober 2018 di hadapan seluruh General Managers, Hotel Managers maupun…

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:35 WIB

Puspayoga Ajak Masyarakat Gunakan Alat Musik Lokal Kualitas Ekspor

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga mengajak masyarakat dan para pecinta musik untuk berbelanja alat musik buatan para produsen lokal di Ajang Smesco Music Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco…

Ilustrasi Foto Wecash, Fintech Asal China

Minggu, 21 Oktober 2018 - 11:00 WIB

Dari 150 Ribu Fintech Lending, 20 Persen Berasal dari Asing

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dari 150 ribu finansial teknologi khususnya peer to peer lending sekitar 20 persennya berasal dari luar negeri.