Kadin Dukung Penanganan Impor Beresiko Tinggi Oleh Bea Cukai

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Juli 2017 - 14:09 WIB

Kadin
Kadin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan dukungannya terhadap rencana penanganan impor berisiko tinggi oleh Bea Cukai. Langkah ini diharapkan dapat dijalankan secara berkelanjutan untuk menciptakan iklim bisnis yang sehat.

“Kami sangat mendukung kebijakan Bea Cukai, karena ini akan menjadi sebuah langkah kita bersama untuk bermain di level yang sama juga menciptakan persaingan yang sehat," ungkap Komite Tetap Kadin Bidang Logistik, Mahendra Rianto di Jakarta (13/7/2017).

Lebih lanjut Kadin berharap Bea Cukai menerapkan program ini secara berkelanjutan, sehingga tidak ada pihak yang menyatakan ini hanya program yang bersifat sementara. "Jika kita punya niat baik, ingin melakukan sesuatu yang lebih baik untuk Indonesia, tak perlu khawatir dengan hasilnya," terangnya.

Untuk menciptakan iklim usaha yang sehat, Bea Cukai melaksanakan program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (RPKC) sebagai  upaya perbaikan atas kinerja internal dan para pengguna jasa Bea Cukai. Program penguatan reformasi yang telah digulirkan sejak Desember 2016 ini selalu dioptimalkan sesuai arahan Presiden dan Menteri Keuangan. Salah satu poin yang ditekankan dalam program ini adalah penanganan impor berisiko tinggi.

Disisi lain, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai Robert Leonard Marbun menjelaskan, penanganan impor berisiko tinggi  untuk meningkatkan penerimaan negara dengan kegiatan yang lebih fair dan taat hukum.
 
“Negara kita perlu bertumbuh agar semua sejahtera. Untuk mencapai kesejahteraan dibutuhkan penerimaan negara yang digunakan untuk membangun infrastruktur, arus perdagangan yang lancar, dan ekspor yang meningkat, yakni industri dalam negeri harus maju. Bagaimana cara menumbuhkan persaingan yang sehat untuk memajukan industri, kita harus menekan impor berisiko tinggi,” ujarnya.

Robert mengatakan, terdapat dua pendekatan untuk menangani impor berisiko tinggi. Pertama, pendekatan yang bersifat taktis operasional, di antaranya pengawasan lapangan, sinergi dengan aparat penegak hukum dan kementerian lembaga, serta sinergi dengan asosiasi. Kedua, pendekatan yang bersifat sistemik dengan pengembangan sistem kepatuhan pengguna jasa.

“Untuk mewujudkan lingkungan ekonomi yang sehat, dibutuhkan kemitraan yang konstruktif antara Bea Cukai dan pengguna jasa,” katanya.

Menanggapi pencanangan penertiban impor berisiko tinggi, Ketua Umum ALI Zaldi Masita menjelaskan, masalah impor berisiko tinggi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar pelaku industri logistik. Karena itu, sudah saatnya Bea Cukai memberi ketegasan untuk memperbaikinya.
Menurutnya, masalah impor berisiko tinggi sudah menjadi gaya hidup. Pelaku industri selalu membandingkan dua opsi, yaitu normal sesuai aturan dan ilegal yang sering menjadi solusi karena tidak dipersulit dengan aturan-aturan pemerintah.

“Kami berharap Bea Cukai dapat teguh dalam menjalankan penertiban ini sama seperti saat penindakan impor barang bekas. Jangan hanya bertahan dua sampai tiga bulan. Selain itu, Bea Cukai harus memperhatikan sifat strict and care, sehingga pemain ilegal bisa dirangkul untuk menjadi patuh,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…