AISI Catat Penjualan Sepeda Motor Terus Menurun Sejak Tiga Tahun Terakhir

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Juli 2017 - 11:53 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat total penjualan sepeda motor pada semester I tahun ini sebanyak 2,7 juta unit. Angka tersebut menurun sekitar 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang sebanyak 2,9 juta unit.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan, daya beli melemah di awal tahun menyebabkan penjualan motor menurun. Faktornya didapat karena waktu panen yang bergeser, biaya jasa pengurusan STNK dan BPKB yang naik serta kenaikan biaya listrik yang memberatkan industri UKM.

"Tren penurunan penjualan sepeda motor sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Untuk tahun ini tampaknya belum ada tanda-tanda bisa pulih," ungkap Sigit di Jakarta (12/7/2017).

Ia menambahkan, momentum Lebaran yang biasanya dapat mendongkrak penjualan, tahun ini tidak terjadi. "Bulan Juni lalu, penjualan sepeda motor tercatat hanya tercatat 379.467 unit Jumlah ini turun 28 persen dibandingkan bulan Mei, yang sebanyak 531.496 unit," terangnya.

Menurutnya, pangsa pasar sepeda motor di semester I lalu masih didominasi oleh merek Honda, yang menguasai sekitar 74 persen dari total penjualan, diikuti Yamaha dengan porsi 23 persen, menyusul Suzuki dengan penguasaan pangsa pasar 2 persen dan Kawasaki 1 persen.

"Namun penjualan ekspor di paruh pertama tahun ini melebihi setengah dari total ekspor tahun lalu, yang sebanyak 284.065 unit," tambah Sigit.

Walaupun secara nasional penjualan sepeda motor melorot di separuh pertama tahun ini, beberapa daerah di luar pulau Jawa mengalami tren peningkatan. Sampai semester I lalu, penjualan di kota-kota seperti provinsi di Sumatra dan Kalimantan terjadi kenaikan penjualan sampai 30 persen dibandingkan semester satu tahun lalu.

AISI berharap agar kondisi perekonomian segera membaik sehingga sektor riil di daerah bisa bergerak. Pasalnya, dengan meningkatnya perekonomian di daerah membuat sektor otomotif turut terdongkrak. "Kalau komoditi naik di daerah, mungkin ada kesempatan penjualan di daerah meningkat," tutup Sigit.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Kamis, 21 September 2017 - 18:00 WIB

Indonesia Tawarkan Pelatihan Pasukan Penjaga Perdamaian

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia menawarkan pelatihan bagi calon personel pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa agar ada standarisasi untuk menjaga perdamaian…