44 Mahasiswa Manca Negara Tampil di Borobudur Cultural Feast

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2016 - 04:35 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Sebanyak 44 mahasiswa dari 22 negara yang tergabung dalam Karawitan Jogja Gangsa Nagari tampil dalam Borobudur Cultural Feast 2016 di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobuur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/12) .

Para mahasiswa mancanegara yang kini tengah belajar di Universitas Gadjah Mada, ISI Yogyakarta, Unversitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tersebut tampil mengenakan pakaian adat Jawa.

Mereka terlihat menikmati dan menyatu dengan instrumen gamelan yang mereka mainkan.

Para penabuh gamelan dan sinden mancanegara tersebut dilatih secara profesional oleh dosen Karawitan ISI Yogyakarta, Anon Suneko.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengatakan bahwa penamplan Karawitan Jogja Gangsa Nagari merupakan simbol pengakuan dunia atas Candi Borobudur sebagai "World Heritage".

"Jogja Gansa Nagari juga merupakan simbol kolaborasi dan kerja sama Kerajaan Syailendra pada 750 Masehi dengan berbagai bangsa internasional," katanya.

Dalam rangka mengembangkan pariwisata kawasan Brobudur berbasis potensi lokal, kata Edy, PT TWC menginisiasi kegatan akbar bernilai budaya, yakni Borobudur Cultural Feast 2016.

"Kegiatan ini terlaksana melalui sinergi BUMN bekerja sama dengan budayawan, seniman, dan musisi di lingkungan Candi Borobudur," katanya.

Edy mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan perayaan bersama, hari raya kebudayaan Borobudur.

Ia menuturkan bahwa kegiatan yang baru kali pertama itu melibatkan seluruh unsur masyarakat di Borobudur.

Candi Borobudur sebagai mahakarya dunia diharapkan dapat dijadikan referensi maupun inspirasi bagi semua yang ingn belajar tentang seni, budaya, bahkan pertanian sekitar tahun 750 Masehi.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…