Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Rato Sumba Barat Daya NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Juli 2017 - 08:11 WIB

Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)
Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)

INDUSTRY.co.id - Waetabula- Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya oleh Pemerintah setempat saat mengunjungi Pulau Sumba untuk menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat pada Rabu (12/7/2017)

Bupati Sumba Barat Daya, Markus D Tallo mengatakan gelar Rato yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo merupakan gelar kehormatan bagi Jokowi karena sudah bersedia datang ke Pulau Sumba.

"Beliau dianggap sesepuh bagi kami karena telah datang ke Sumba. Masyarakat juga tentu sangat bahagia menyaksikan langsung kedatangan Bapak Presiden," katanya kepada awak media.

Ia mengatakan selain gelar tersebut, Pemerintah dan masyarakat Sumba khususnya Sumba Barat Daya juga menghadiahi Jokowi berupa sebuah parang ulu gading serta seekor kuda Sandelwood.

"Dengan hadiah itu maka lengkap sudah Pak Presiden dianggap sebagai seorang Raito dan ini juga merupakan sebuah kehormatan bagi kami masyarakat Sumba Barat Daya," tambahnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa Kuda merupakan lambang Ksatria bagi pria Sumba dan juga menjadi belis atau mahar bagi perempuan Sumba.

Parang Sumba atau yang dikenal dengan sebutan Katopu merupakan tanda kemenangan dalam perang bagi pria sumba. Oleh karena itu dengan hadiah kuda dan parang tersebut mendukung sebagai seorang ksatria yang saat Inu tengah memimpin Indonesia untuk menjadi yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga sempat menunggangi kuda yang diberikan oleh masyarakat tersebut.

Presiden RI Joko Widodo yang hadir dan mengenakan ikat kepala dan berselempang kain tenun menyaksikan festival tenun dan kuda sandelwood terlihat seperti seorang Ksatria.

Dalam kesempatan tersebut juga Presiden menyapa ribuan masyarakat Sumba yang memang datang dari kecamatan yang jauh untuk melihat orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.