Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Rato Sumba Barat Daya NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Juli 2017 - 08:11 WIB

Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)
Presiden Jokowi Dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya (Foto Setpres)

INDUSTRY.co.id - Waetabula- Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai Rato Sumba Barat Daya oleh Pemerintah setempat saat mengunjungi Pulau Sumba untuk menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat pada Rabu (12/7/2017)

Bupati Sumba Barat Daya, Markus D Tallo mengatakan gelar Rato yang diberikan kepada Presiden Joko Widodo merupakan gelar kehormatan bagi Jokowi karena sudah bersedia datang ke Pulau Sumba.

"Beliau dianggap sesepuh bagi kami karena telah datang ke Sumba. Masyarakat juga tentu sangat bahagia menyaksikan langsung kedatangan Bapak Presiden," katanya kepada awak media.

Ia mengatakan selain gelar tersebut, Pemerintah dan masyarakat Sumba khususnya Sumba Barat Daya juga menghadiahi Jokowi berupa sebuah parang ulu gading serta seekor kuda Sandelwood.

"Dengan hadiah itu maka lengkap sudah Pak Presiden dianggap sebagai seorang Raito dan ini juga merupakan sebuah kehormatan bagi kami masyarakat Sumba Barat Daya," tambahnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa Kuda merupakan lambang Ksatria bagi pria Sumba dan juga menjadi belis atau mahar bagi perempuan Sumba.

Parang Sumba atau yang dikenal dengan sebutan Katopu merupakan tanda kemenangan dalam perang bagi pria sumba. Oleh karena itu dengan hadiah kuda dan parang tersebut mendukung sebagai seorang ksatria yang saat Inu tengah memimpin Indonesia untuk menjadi yang lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut Presiden juga sempat menunggangi kuda yang diberikan oleh masyarakat tersebut.

Presiden RI Joko Widodo yang hadir dan mengenakan ikat kepala dan berselempang kain tenun menyaksikan festival tenun dan kuda sandelwood terlihat seperti seorang Ksatria.

Dalam kesempatan tersebut juga Presiden menyapa ribuan masyarakat Sumba yang memang datang dari kecamatan yang jauh untuk melihat orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…