Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Sektor Insfrastruktur Strategis Kaltim

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Juli 2017 - 14:45 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Samarinda- Presiden RI Joko Widodo akan meninjau sejumlah proyek strategis di Kota Balikapapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti Bendung Teritip, jalan tol, kawasan industri Bulumuning, dan Jembatan Pulau Balang.

"Kami terima kasih kepada presiden karena besok (Kamis) akan kembali mengunjungi Kaltim. Kemarin saya mendapat telepon bahwa pak presiden mendadak akan ke Kaltim guna meninjau sejumlah proyek strategis nasional," ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Rabu (12/7/2017)

Menurut dia, presiden akan berada di Kaltim selama dua hari, yakni datang pada 13 Juli dan bermalam di Balikpapan. Kemudian keesokan harinya akan melakukan peninjauan sekaligus melakukan pertemuan baik dengan menteri maupun dengan gubernur dan bupati/wali kota se-Kalimantan.

Beberapa proyek strategis yang akan ditinjau presiden adalah Bendung Teritip Balikpapan. Pembangunan bendungan yang didukung penuh oleh APBN tersebut ditarget tuntas tahun ini dan diyakini dapat beroperasi mulai 2018.

Menurut gubernur, keberadaan Bendung Teritip sangat strategis bagi warga setempat, karena selain untuk memasok kebutuhan air bersih yang dibutuhkan warga juga untuk mendukung pengembangan pertanian melalui irigasi.

Dari bendungan ini diperkirakan mampu menyediakan air baku untuk air bersih sebanyak 250 liter per detik, dari kebutuhan air minum di Balikpapan yang mencapai 400 liter per detik.

Proyek lain yang ditinjau adalah Jembatan Pulau Balang yang akan menghubungkan antara Balikpapan dan Penajam, sehingga aktivitas ekonomi dan lalu lintas lain akan lebih cepat jika jembatan ini rampung.

Pekerjaan bentang pendek jembatan yang dananya dari APBD Kaltim sudah selesai, sehingga saat ini tinggal melanjutkan untuk bentang panjang yang anggarannya dari APBN.

"Bentang pendek Jembatan Pulau Balang sudah selesai, jadi besok akan saya tunjukkan kepada pak presiden bahwa untuk pembangunan bentang panjang masih perlu dukungan dari APBN," ujar Awang Faroek.

Proyek lain yang akan ditinjau Jokowi adalah pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda yang hingga kini masih terus dikerjakan. Sebelumnya, Jokowi juga sudah pernah meninjau pekerjaan jalan tol ini.

Pembangunan tol tersebut terbagi menjadi lima paket, yakni paket 1 sepanjang 25,07 km, paket 2 sepanjang 23,60 km, paket 3 sepanjang 21,90 km, paket 4 sepanjang 18, 25 km, dan paket 5 sepanjang 11,50 km.

"Untuk kawasan industri Bulumuning di Penajam yang juga akan ditinjau presiden, kawasan ini akan menjadi kota industri karena sudah ada beberapa kegiatan di situ seperti pembangunan pabrik pulp dan kertas, termasuk beberapa industri lain," ujar gubernur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.