Fetival Budaya Temanggug Dimeriahkan Ratusan Kelompok Seniman

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Desember 2016 - 03:55 WIB

Festival Temanggung- IST
Festival Temanggung- IST

INDUSTRY.co.id - Ratusan kelompok kesenian di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bakal meramaikan Festival Budaya Temanggung 2016 pada Minggu (18/12).

"Festival Budaya bakal diikuti sebanyak 278 kelompok kesenian dari sejumlah desa di Kabupaten Temanggung," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto di Temanggung, Jumat (16/12) .


Ia mengatakan ratusan kelompok kesenian tersebut akan tampil di sejumlah titik di jalan protokol Kota Temanggung mulai pagi hingga tengah hari.

"Festival budaya ini bukan hanya sebagai event budaya, tetapi juga event wisata terbesar di penghujung tahun 2016. Tidak hanya wisatawan lokal, sejumlah agen perjalanan wisata telah konfirmasi untuk membawa wisatawannya," katanya seperti diutip Antara.

Ia mengatakan festival tersebut sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-182 Temanggung.

Jenis kesenian yang bakal tampil, antara lain kuda lumping, gatholoco, warokan, reog, dolalak, rebana, topeng ireng, kubro, dan sorengan. Seniman yang tampil anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Menurut dia mereka tidak pentas di atas panggung seperti tahun sebelumnya, melainkan di atas jalan aspal.

Jalan yang dijadikan panggung terbuka tersebut, yakni seputar Alun-Alun Temanggung hingga depan Telkom yang dijadikan zona satu, kemudian zona dua meliputi jalan KS Tubun, Setyo Budi, dan seputar Setda Temanggung, sedangkan zona tiga meliputi Jalan WR Supratman, Sri Suwarno, Suyoto, dan Sudirman.

Ia berharap dengan pentas di jalan raya, masyarakat dapat leluasa untuk menikmati kesenian tradisional tersebut. Peserta festival atau kelompok kesenian yang tampil dilarang untuk kesurupan dan harus datang tepat waktu serta selesai pada jam yang ditetapkan.

"Pentas di jalan raya, jadi nanti tidak boleh ada yang molor, karena jalan akan kembali difungsikan untuk lalu lintas kendaraan," katanya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.