Presiden Jokowi Tiba di Pulau Sumba Resmikan Acara Parade 1001 Kuda Sandelwood

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Juli 2017 - 10:13 WIB

Parade 1001 Kuda Sandelwood NTT (Foto Ist)
Parade 1001 Kuda Sandelwood NTT (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Waetabula -Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk menghadiri acara Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandelwood di Waetabula, Rabu (12//2017)

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongannya tiba di Bandara Tambolaka dengan menggunakan pesawat kepresidenan tepat pukul 10.15 Wita, dan langsung disambut oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simandjuntak, Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso beserta sejumlah pejabat setempat.

"Bapak Presiden hari ini akan menghadiri kegiatan festival tenun ikat dan parade 1001 kuda Sandelwood dan mengelar serangkaian acara lainnya," kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D Talu di Waetabula, Rabu.

Ia menjelaskan saat tiba di rumah jabatan nanti, Presiden akan disambut oleh sejumlah pejabat daerah seperti para bupati dari empat kabupaten di daratan Sumba.

Presiden akan diberikan gelar Rato Sumba Barat Daya atau dan akan diberikan parang khas Sumba yang gagang dibuat dari gading gajah serta diberikan sebuah kuda Sandelwood sebagai penghormatan tertinggi.

"Nanti beliau akan diberikan gelar Rato dan akan mengenakan juga pakaian adat khas Sumba serta mengenakan tenun ikat Lambaleko," tambahnya.

Sementara itu pantauan Antara di lapangan Galatama, depan rumah jabatan Bupati Sumba Barat Daya ribuan penenun dengan sejumlah kain hasil tenunan dan peralatan tenun lainnya sudah berkumpul.

Mereka (penenun) mengenakan pakaian adat serta membawa sejumlah peralatan tenunnya.

Penenun asal Kodi Utara, Christina mengaku antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Saya berharap nanti bisa bersalaman dengan Presiden," ungkapnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…