Politik Embargo

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 19:27 WIB

Jaya Suprana. (Foto: IST)
Jaya Suprana. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - AMERIKA Serikat punya senjata pamungkas politik luar negeri yang - menurut keyakinan Amerika Serikat sendiri - sangat ampuh mandraguna yaitu embargo.

Negara yang dianggap tidak bersahabat dengan Amerika Serikat rawan terkena sanksi embargo alias dikucilkan dari jaringan ekonomi, politik, militer internasional yang dibuat oleh AS atas selera dan kepentingan AS.

*"Sedakep"*

Negara-negara yang menjadi korban embargo ekonomi AS antara lain Iran, Suriah, Kuba, Korea Utara. Terkini, Saudi Arabia mengajak teman-temannya seperti Mesir, Uni Emirat Arab, Yemen, Oman, Bahrain untuk meniru gaya embargo AS dilakukan terhadap Qatar.

Saya masih ingat bahwa rezim Orba sangat kuatir jatuh menjadi korban embargo AS. Kebijakan luar negeri diatur sedemikian rupa agar jangan sampai bikin AS "ngambek" sehingga mengembargo Indonesia.

Alhasil kita hanya bisa menahan malu ketika terpaksa menyaksikan betapa bos IMF Michael Camdessus arogan "sedakep" menyilangkan kedua lengan di dada mengawasi Pak Harto terpaksa menandatangani Letter of Intent.

*Suriah*

Penasaran "kenapa takut" embargo Amerika Serikat maka saya menyempatkan diri berkunjung ke Suriah untuk melihat dengan mata kepala sendiri betapa menderita Suriah akibat embargo AS di masa sebelum perang saudara Suriah meledak.

Ternyata pada masa damai itu sama sekali tidak terasa suasana penderitaan di Damaskus dan kota-kota lain Suriah. Kehidupan berjalan aman, tenteram, damai-damai saja.

Bahkan sebagai warga Indonesia saya bangga akibat produk mie instant buatan Indonesia menguasai pasar Suriah sampai perlu didirikan pabrik mie Indofood di Suriah.

Yang tidak ada di Suriah cuma Coca Cola, MacDonald, Kentucky Fried Chicken namun ternyata sama sekali tidak mengurangi suasana gemah ripah loh jinawi, tata tenterem kerta rahardja pada kehidupan masyarakat Suriah.

Di Damaskus, saya sempat jumpa-bincang dengan para mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Suriah. Mereka semua menyatakan senang hidup dan studi di Suriah dengan masyarakat yang ramah tamah, sopan santun dan penuh toleran.

*Kuba*

Demikian pula dengan mata kepala sendiri, saya menyaksikan betapa kehidupan rakyat Kuba juga tidak seburuk seperti yang dipropagandakan oleh pers Amerika Serikat. Kehidupan di Havana sebagai ibukota Kuba tetap semarak dan dinamis dengan masyarakat Kuba yang ramah tamah senantiasa riang gembira dalam gemar bermusik dan bersalsa. Pelayanan kesehatan Kuba jauh lebih adil dan merata ketimbang Amerika Serikat.

Melalui kunjungan ke Kuba, atas bantuan berharga KBRI di Havana kami berhasil menjalin kerja sama kebudayaan dalam bentuk pertukaran pergelaran resital tunggal pianis muda berbakat antara Indonesia dengan Kuba (Indonesia-Cuba Young Pianist Exchange Programm). InsyaAllah, 23 September 2017 pianis muda Indonesia, Muhammad Iqbal akan mempergelar resital piano tunggal dengan repertoar mahakarya Chopin, Liszt dan Suprana di Havana, Kuba.

*Korut*

Semua itu merupakan indikasi bahwa sebenarnya tidak ada yang perlu dikuatirkan terhadap embargo Amerika Serikat. Terakhir tersebar berita bahwa Donald Trump mengancam akan memperketat embargo terhadap Korea Utara sebab tidak suka terhadap sikap perilaku Kim Yong Un yang memang terkesan tidak sudi tunduk kepada Amerika Serikat.

Saya kira silakan saja Trump mengembargo Korut meski dampaknya juga rawan mubazir seperti telah terbukti di Suriah (sebelum kemelut) dan Kuba.

Apalagi Korut tidak tergantung ke Amerika Serikat seperti Korea Selatan, berkat Korut punya sahabat yang sama sekali tidak kalah adhikuasa ketimbang AS yaitu Rusia. [***]

_Penulis adalah pembelajar geopolitik planet bumi masa kini_

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…