202 Inventaris Sejarah Indonesia Masih Terawat Baik

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 18:49 WIB

Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)
Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia memang negara yang kaya akan budaya, suku, adat istiadat, pariwisata, semua itu sudah menjadi warna bagi Indonesia.

Dari warisan tersebut, perlu cara untuk merawat, mengembangkan serta memanfaatkannya menjadi hal yang positif bagi Nusantara. 

Atas kecintaannya terhadap budaya, sejarah dan pariwisata Nusantara, Silarturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara (Silatnas) ke-V yang diselenggarakan Forum Raja,  Sultan, Datu yang akan diselenhgarakan di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta pada 27 hingga 30 Juli 2017 

"Kami menghitung sudah ada 732 bukti inventaris sejarah, terhitung sejak abad pertama hingga abad ke 18," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Sejak penelitian tahun 2012 yang masih lengkap inventarisnya hanya 202 Selain itu Silatnas Raja dan Sultan Nusantara  juga mempunyai komitmen, salah satunya yakni dengan meningkatkan pengajaran tentang sejarah ditinggak SD, SMP dan SMA.

“Kami bukan ingin menjadi penguasa, tetapi kami hanya ingin menjadi penerus warisan adat dan budaya di Indonesia," pungkasnya, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Amran Sulaiman panen jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 27 Maret 2019 - 09:14 WIB

Kabupaten Subang Didorong Jadi Pertanian Sejahtera

Subang - Kementerian Pertanian mendorong Kabupaten Subang menjadi daerah pertanian yang dapat mensejahterakan para petani. Dorongan tersebut berupa pemberian bala bantuan ke Kabupaten tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:47 WIB

Pembinaan JKN, 74% Jumlah Paket Pekerjaan di Kementerian PUPR Untuk Badan UKM

Progres penyerapan anggaran Kementerian PUPR hingga 24 Maret 2019, yakni realisasi keuangan sebesar 6,59 % atau sebesar Rp 7,3 triliun dan realisasi fisik sebesar 7,13 %.

Perkebunan pohon karet

Rabu, 27 Maret 2019 - 08:31 WIB

Kementan Dorong Sarolangun Kembangkan Pertanian Berbasis Kawasan

Surolangun, Jambi--Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peningkatan daya saing daerah melalui peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah. Peningkatan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:23 WIB

BNI Syariah Siapkan Mobile Banking Untuk Pelunasan BPIH

Jakarta - BNI Syariah menyediakan opsi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) melalui mobile banking. Ini setelah Kementerian Agama (Kemenag) mulai 2019 membuka opsi pelunasan haji…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 27 Maret 2019 - 07:00 WIB

BUMN Gelar Pangan Murah hingga Sambung Listrik Gratis di Bekasi

Sejumlah BUMN kembali bersinergi menggelar berbagai rangkaian acara menyambut Hari Ulang Tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke- 21 di Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (26/03/2019).