202 Inventaris Sejarah Indonesia Masih Terawat Baik

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 18:49 WIB

Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)
Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia memang negara yang kaya akan budaya, suku, adat istiadat, pariwisata, semua itu sudah menjadi warna bagi Indonesia.

Dari warisan tersebut, perlu cara untuk merawat, mengembangkan serta memanfaatkannya menjadi hal yang positif bagi Nusantara. 

Atas kecintaannya terhadap budaya, sejarah dan pariwisata Nusantara, Silarturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara (Silatnas) ke-V yang diselenggarakan Forum Raja,  Sultan, Datu yang akan diselenhgarakan di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta pada 27 hingga 30 Juli 2017 

"Kami menghitung sudah ada 732 bukti inventaris sejarah, terhitung sejak abad pertama hingga abad ke 18," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Sejak penelitian tahun 2012 yang masih lengkap inventarisnya hanya 202 Selain itu Silatnas Raja dan Sultan Nusantara  juga mempunyai komitmen, salah satunya yakni dengan meningkatkan pengajaran tentang sejarah ditinggak SD, SMP dan SMA.

“Kami bukan ingin menjadi penguasa, tetapi kami hanya ingin menjadi penerus warisan adat dan budaya di Indonesia," pungkasnya, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…