Raja dan Sultan Nusantara akan Berkumpul Tingkatkan Sektor Pariwisata Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 12:39 WIB

Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)
Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara (Silatnas) ke-V yang diselenggarakan oleh Forum Raja, Sultan, Datu dan Ratu akan diadakan di Gedung Nusantara DPR RI Jakarta pada 27 hingga 30 Juli 2017. 

Penyelenggaraan ini didasari agar budaya, sejarah, adat istiadat di Indonesia akan tetap terjalin. 

"Kami mengadakan Silatnas tidak ingin berpolitik, kami murni agar peradaban, adat istiadat, budaya dan sejararah tetap terjaga dan dapat terus dikembangkan, serta pelaku budayanya harus benar-benar bersatu, itu harapan dan tujunan kami," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Dalam acara Silatnas ke-V tahun 2017 ini, sambung dia, semua Raja, Ratu, Sultan, Ahli Waris semuanya berkumpul menjadi satu memakai pakaian adat, semua suku berkumpul, bahasa dan dari situ kami akan memperkenalkan Indonesia. 

"Tujuan kami antara lain menyatukan para Raja, Sultan, Datuk, Ratu termasuk pewaris inventaeis dari abad pertama hingga abad ke 18 ada 732 kerjaan dan kesultanan,"  kata Dia

Selain itu, dari pihak Kementerian Pariwisata, Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, Hari Untoro Drajat, mendukung penuh atas penyelenggaraan Silatnas 2017.

"Ada 447 peninggalan benteng sejarah dari Belanda dan itu membuat Indonesia menjadi aroma di dunia dan dengan mulai melestarikan, pengembangan dan pemanfaatannya," ujarnya. 

Saya ingin menyampaikan, tambah Dia bahwa dulu ketertarikan Nusantara  karena rempah dan sejarah, tetapi saat ini keunggulanya pariwisata pada potensi budaya hingga 60 persen. "Kami bukan ingin menjadi penguasa, tetapi Kami hanya ingin menjadi penerus warisan adat dan budaya di Indonesia," pungkas Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom.

Kegiatan ini akan diikuti sekitar 600 peserta yang terdiri dari Raja, Ratu, Sultan, Datu termasuk pewaris dan penerus kerajaan dan kesultanan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…