Raja dan Sultan Nusantara akan Berkumpul Tingkatkan Sektor Pariwisata Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 11 Juli 2017 - 12:39 WIB

Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)
Budaya, Adat Istiadat, Suku dan Bahasa Kumpul Jadi Satu di Silatnas 2017 (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara (Silatnas) ke-V yang diselenggarakan oleh Forum Raja, Sultan, Datu dan Ratu akan diadakan di Gedung Nusantara DPR RI Jakarta pada 27 hingga 30 Juli 2017. 

Penyelenggaraan ini didasari agar budaya, sejarah, adat istiadat di Indonesia akan tetap terjalin. 

"Kami mengadakan Silatnas tidak ingin berpolitik, kami murni agar peradaban, adat istiadat, budaya dan sejararah tetap terjaga dan dapat terus dikembangkan, serta pelaku budayanya harus benar-benar bersatu, itu harapan dan tujunan kami," ujar Sekjen Badan Pengurus (BP) silatnas Raja dan Sultan Nusantara, Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (11/7/2017). 

Dalam acara Silatnas ke-V tahun 2017 ini, sambung dia, semua Raja, Ratu, Sultan, Ahli Waris semuanya berkumpul menjadi satu memakai pakaian adat, semua suku berkumpul, bahasa dan dari situ kami akan memperkenalkan Indonesia. 

"Tujuan kami antara lain menyatukan para Raja, Sultan, Datuk, Ratu termasuk pewaris inventaeis dari abad pertama hingga abad ke 18 ada 732 kerjaan dan kesultanan,"  kata Dia

Selain itu, dari pihak Kementerian Pariwisata, Staf Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, Hari Untoro Drajat, mendukung penuh atas penyelenggaraan Silatnas 2017.

"Ada 447 peninggalan benteng sejarah dari Belanda dan itu membuat Indonesia menjadi aroma di dunia dan dengan mulai melestarikan, pengembangan dan pemanfaatannya," ujarnya. 

Saya ingin menyampaikan, tambah Dia bahwa dulu ketertarikan Nusantara  karena rempah dan sejarah, tetapi saat ini keunggulanya pariwisata pada potensi budaya hingga 60 persen. "Kami bukan ingin menjadi penguasa, tetapi Kami hanya ingin menjadi penerus warisan adat dan budaya di Indonesia," pungkas Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu sebagai Raja Samu-Samu Van De Laatste Von Koning Stamboom.

Kegiatan ini akan diikuti sekitar 600 peserta yang terdiri dari Raja, Ratu, Sultan, Datu termasuk pewaris dan penerus kerajaan dan kesultanan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Menteri Airlangga: APBN 2019 Akan Difokuskan pada Pembangunan SDM

Pemerintah telah menetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 akan difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:25 WIB

Rehabilitasi Fasilitas Publik dan Rumah Tahan Gempa di Lombok Diintensifkan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk merehabilitasi fasilitas publik dan rumah dalam rangka percepatan pemulihan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat pasca…

Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:10 WIB

Tiga Infrastruktur Ini Ditergetkan Rampung Akhir 2019, Ini Masing-masing Anggaranya

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya tandatangani kontrak dengan para penyedia jasa untuk pelaksanaan konstruksi Stadion Manahan Kota Surakarta, Pasar Atas Kota Bukittinggi, dan Pasar…