Jelang Tanamkan Investasi, Lotte Chemical akan Ajukan Tax Holiday

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 17:14 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto seusai bertemu dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong serta President & CEO Lotte Chemical Titan Holding Sdn. Bhd. Kim Gyo Hyun
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto seusai bertemu dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong serta President & CEO Lotte Chemical Titan Holding Sdn. Bhd. Kim Gyo Hyun

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan petrokimia asal Korea Selatan PT Lotte Petrochemical Titan akan mengajukan insentif fiskal berupa "tax holiday" untuk rencana investasi sebesar 3,5 miliar dolar AS di Indonesia.

"Progresnya sekarang baru pembebasan lahan sekitar 60 hektare. Dia masih butuh tambahan 40 hektare untuk reklamasi dan lainnya," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (10/7/217)

Airlangga menyampaikan, "tax holiday" tersebut akan disesuaikan dengan rencana pembangunan bisnis. Mereka membutuhkan lahan, suplai listrik, dan air.

Terkait dengan pengajuan "tax holiday", Direktur Industri Kimia Hulu Muhammad Khayam mengatakan bahwa Lotte Chemical meminta lahan tambahan untuk pembangunan "jetty" atau dermaga dalam mendukung produksi pabrik di Cilegon.

"Ini baru (pengajuan proposal). Soal tanah, mereka ada minta tanah sedikit untuk jetty supaya double. Kalau lewat jetty lama, alat baru yang besar ini akan terhambat dengan posisi pabrik yang sudah ada sehingga harus ada jetty lagi," paparnya kepada awak media.

Kendati demikian, Khayam menyampaikan bahwa pengajuan "tax holiday" akan diproses setelah mereka benar-benar merealisasikan investasinya di Indonesia.

"Belum-belum. Mereka 'kan harus invest beneran dahulu. Tahapannya gitu. Pasti kita akan bilang mereka industri pionir. Selalu sudah menanamkan investasinya dll., baru diproses. Sekarang kesepakatan awal saja akan ada 'tax holiday'," pungkasnya.

Lotte Chemical akan segera merealisasikan untuk memproduksi naphtha cracker dengan total kapasitas sebanyak 2.000.000 ton per tahun.

Bahan baku kimia yang akan diproduksi di Cilegon, Banten, tersebut diperlukan untuk menghasilkan ethylene, propylene, dan produk turunan lainnya.

Proyek tersebut akan memakan waktu 4 hingga 5 tahun dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 9.000 orang.

Pada tahap konstruksi, perusahaan akan menyerap tenaga kerja sekitar 6.000 orang dan 3.000 orang ketika beroperasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Senin, 28 Mei 2018 - 15:52 WIB

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Buat Prototipe Pesawat Tanpa Awak Pemadam Kebakaran

Pesawat tanpa awak tersebut diberi nama PROPEDER Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…