Menperin: Pembangunan Ethylene Base Lotte Chemical Seluas 100 Hektar

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 15:57 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Kepala Bekraf, Triawan Munaf dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat menemui Chairman Lotte Chemical Titan, Shin Dong Bin
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Kepala Bekraf, Triawan Munaf dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat menemui Chairman Lotte Chemical Titan, Shin Dong Bin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Chairman Lotte Chemical guna membahas pengembangan gas di Masela.

"Untuk pengembangan kita masih membutuhkan data-data yang diperlukan.," ungkap Airlangga Hartarto seusai acara Halal Bihalal bersama seluruh staf dan karyawan-karyawati di lingkungan kemenperin di Ruang Garuda kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Ia menambahkan, Lotte akan membangun ethylene base di kawasan Cilegon, Banten. "Saat ini progresnya baru pembebasan lahan sekitar 60 hektar, dan masih butuh tambahan 40 hektar untuk reklamasi, jadi totalnya 100 hektar," terangnya.

Seperti diketahui, Lotte Chemical Titan tengah berminat menanamkan investasinya sebesar USD 3,5 miliar untuk membangun fasilitas produksi naphtha cracker dengan kapasitas terpasang sebanyak 2 juta ton per tahun.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi pemberian insentif non-fiskal seperti tax allowance bagi Lotte Chemical. "Kita sedang mintakan schedulenya, saya minta agar tax allowance disesuaikan dengan schedule baru. karena mereka butuh lahan dan supplai listrik serta air," terang Menperin.

Airlangga mengatakan, proyek ini akan memakan waktu hingga 4-5 tahun dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 9.000 orang. "Dengan adanya produksi ini akan mengurangi impor senilai USD 1,5 miliar per tahun," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenpar Tetapkan 100 Event Berskala Internasional (Foto Dije)

Selasa, 26 September 2017 - 14:12 WIB

Kemenpar-Kemenkes Kembangkan Wisata Kesehatan

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan sepakat untuk mengembangkan Pariwisata Kesehatan Internasional melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)…

PT Bayu Buana Tbk

Selasa, 26 September 2017 - 14:11 WIB

Bayu Buana Targetkan Penjualan Tiket Rp 70 Miliar Hingga Akhir Tahun

PT Bayu Buana Travel Tbk menargetkan total pendapatan Rp 70 miliar dari penjualan tiket dan paket pariwisata hingga akhir 2017.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 26 September 2017 - 14:07 WIB

Indonesia Siap Pasok Delapan Juta Ton Minyak Sawit ke Eropa

Indonesia siap memasok minyak sawit lestari hingga 8 juta ton ke pasar Eropa untuk memenuhi permintaan di kawasan tersebut yang diperkirakan mencapai 6 juta ton pada 2020.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Selasa, 26 September 2017 - 14:05 WIB

Menperin Airlangga: Harga Gas Blok Masela Masih Belum Cocok

Pemerintah akan memberikan insentif untuk industri yang akan menggunakan dan membeli gas di Blok Masela. Meski akan diberikan insentif tetap saja belum ada industri yang menyatakan tertarik…

Ilustrasi Apartemen (Ilustrasi)

Selasa, 26 September 2017 - 14:01 WIB

Kebijakan Infrastrutur Pemerintah di Jalur Tepat

CEO dan komisaris perusahaan pengembang Crown Group, Iwan Sunito menyatakan kebijakan di sektor infrastruktur yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah berada di jalur yang tepat.