Menperin: Pembangunan Ethylene Base Lotte Chemical Seluas 100 Hektar

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 15:57 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Kepala Bekraf, Triawan Munaf dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat menemui Chairman Lotte Chemical Titan, Shin Dong Bin
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto didampingi Kepala Bekraf, Triawan Munaf dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat menemui Chairman Lotte Chemical Titan, Shin Dong Bin

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan beberapa waktu lalu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan Chairman Lotte Chemical guna membahas pengembangan gas di Masela.

"Untuk pengembangan kita masih membutuhkan data-data yang diperlukan.," ungkap Airlangga Hartarto seusai acara Halal Bihalal bersama seluruh staf dan karyawan-karyawati di lingkungan kemenperin di Ruang Garuda kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Ia menambahkan, Lotte akan membangun ethylene base di kawasan Cilegon, Banten. "Saat ini progresnya baru pembebasan lahan sekitar 60 hektar, dan masih butuh tambahan 40 hektar untuk reklamasi, jadi totalnya 100 hektar," terangnya.

Seperti diketahui, Lotte Chemical Titan tengah berminat menanamkan investasinya sebesar USD 3,5 miliar untuk membangun fasilitas produksi naphtha cracker dengan kapasitas terpasang sebanyak 2 juta ton per tahun.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi pemberian insentif non-fiskal seperti tax allowance bagi Lotte Chemical. "Kita sedang mintakan schedulenya, saya minta agar tax allowance disesuaikan dengan schedule baru. karena mereka butuh lahan dan supplai listrik serta air," terang Menperin.

Airlangga mengatakan, proyek ini akan memakan waktu hingga 4-5 tahun dengan membuka lapangan pekerjaan sebanyak 9.000 orang. "Dengan adanya produksi ini akan mengurangi impor senilai USD 1,5 miliar per tahun," pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:14 WIB

Bank Mandiri Syariah Berharap Dapat Ruang Besar Untuk Biayai Infrastruktur

Jakarta-Bank Mandiri Syariah mengharapkan diberikan ruang yang cukup lebar untuk terlibat pada pendanaan proyek-proyek infrastruktur yang digagas pemerintah.

Menperin Airlangga Hartarto beserta Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono saat mengunjungi pabrik mainan PT Mattel Indonesia (Foto: Humas)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:55 WIB

Menperin: SNI Wajib Mainan Hanya Untuk Korporasi, Bukan Personal

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menegaskan, SNI wajib mainan berlaku untuk korporasi yang akan melakukan penjualan atau distribusi di Indonesia.

Komunitas Lari BAZNAZ. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:47 WIB

Kampanye BAZNAS Merambah ke Komunitas Lari

Dalam rangka perayaan milad Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) ke-17, BAZNAS meluncurkan program Baznas Runner pada Minggu (21/1). BAZNAS Runner adalah komunitas lari yang memiliki visi yaitu…

Asisten Deputi Bidang Asuransi, Penjaminan dan Pasar Modal pada Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, Willem Halomoan Pasaribu dalam acara Sosialisasi Program KUR perdana tahun 2018 di Pekanbaru, Riau, Selasa (23/1/2018).

Selasa, 23 Januari 2018 - 21:43 WIB

Pemerintah Tetapkan Pagu Anggaran Subsidi KUR 2018 senilai Rp 13.66 T

Pada tahun 2018 ini, pemerintah terus menunjukkan keberpihakan kepada usaha mikro, kecil dan menegah untuk meningkatkan akses pada sumber pembiayaan. Target alokasi penyaluran KUR bertambah…

baznaz pecahkan rekor muri

Selasa, 23 Januari 2018 - 20:38 WIB

Disaksikan BAZNAS, Infak PNS "5 Menit Rp 622 Juta" Pecahkan Rekor Muri

Disaksikan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, menorehkan "tinta emas" di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor yang telah ditandatangani…