Menperin Berharap Kerjasama di Sektor Industri Baja Bisa Berjalan dan Tak Terlalu Lama

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 14:49 WIB

Menperin Airlangga Hartarto di pabrik baja Posco (dok-kemenperin)
Menperin Airlangga Hartarto di pabrik baja Posco (dok-kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, kunjungan kerjanya pabrik baja Posco, Korea Selatan, mengenai program 10 juta ton baja yang berkaitan dengan pengembangan roadmap industri baja nasional.

"Kita bahas bagaimana yang 10 juta ton bisa direalisasikan lebih cepat," ungkap Airlangga Hartarto seusai acara Halal Bihalal seluruh karyawan kementerian Perindustrian di Ruang Garuda kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Seperti diketahui, PT Krakatau Steel dan Posco telah berkomitmen untuk mendukung pembangunan klaster 10 juta ton baja di kawasan Cilegon, Banten. "Dengan beroperasinya pabrik tersebut, diharapkan industri baja hilir bisa semakin tumbuh," katanya.

Selain itu, dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Menperin juga membahas pendalaman struktur otomotif dengan PT Nippon steel untuk kontroling meel. Seperti diketahui, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation telah menggagas perusahaan joint venture yaitu PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS) sejak lima tahun lalu.

"Pabrik KNSS akan memproduksi baja lembaran untuk industri otomotif dengan kapasitas mencapai 500.000 ton per tahun. Ditargetkan awal September sudah mulai beroperasi," terangnya.

Lebih lanjut, Airlangga berharap kerjasama ini supaya bisa berjalan, tidak perlu terlalu lama. Karena kalau dari sisi jilir sudah ada JFE dan Nippon Steel. "kalau kita punya 10 juta ton baja per tahun, pasarnya bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di ASEAN," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.