Menperin Serahkan Alat Bantuan Kopi Guna Dorong Pengembangan Industri Kopi Nasional

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 13:15 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menyerahkan bantuan alat pengolahan kopi kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung (Foto Ridwan)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menyerahkan bantuan alat pengolahan kopi kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka mengembangkan industri nasional khususnya kopi, Kementerian Perindustrian melakukan penyerahan bantuan alat kopi kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung.

Acara penyerahan bantuan alat kopi diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang didampingi oleh Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih kepada Dinas Perindustrian Kabupaten Tanggamus, Lampung.

"Kinerja industri kopi di dalam negeri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di kantor Kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Seperti diketahui, ekspor produk kopi olahan pada tahun 2014 mencapai USD 322,6 juta atau meningkat 10,6 persen menjadi USD 356,79 juta pada tahun 2016. "Ekspor produk kopi olahan didominasi oleh produk kopi instant, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan ekspor seperti Mesir, Taiwan, Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura," terang Menperin.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, untuk mengatasi tantangan pengembangan industri pengolahan kopi pada masa yang akan datang, Kemenperin telah menyusun beberapa kebijakan yaitu, industri pengolahan kopi dimasukkan ke dalam industri prioritas, pemberian fasilitas pajak penghasilan di beberapa daerah di luar Jawa, harmonisasi tarif bea masuk produk kopi olahan dari 5 persen menjadi 20 persen melalui peraturan Menteri Keuangan No.132 Tahun 2015. "Harmonisasi tarif ini dimaksudkan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi industri pengolahan kopi di dalam negeri," kata Airlangga.

Selanjutnya, memberlakukan standar nasional indonesia (SNI) kopi instant secara wajib mulai berlaku efektif pada tanggal 17 Januari 2016, sesuai Peraturan Menteri Perindustrian no. 87/M-IND/PER/10/2014.

Menurutnya, meskipun berbagai permasalahan masih dihadapi dalam pengembangan industri pengolahan kopi, namun pengembangan industri ini masih mempunyai prospek yang sangat baik, mengingat konsumsi kopi masyarakat Indonesia rata-rata baru mencapai 1,2 kilogram per kapita/tahun, jauh dibawah negara-negara pengimpor kopi lainnya," ucapnya.

Arilangga berharap kegiatan ini memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi skala kecil dan menengah. "Saya berharap alat pengolahan kopi yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk IKM dan memajukan industri kopi nasional," tutup Menperin.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tapai Ketan Kuliner Khas Kuningan (Foto:beritagar.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 19:00 WIB

Berkunjung ke Kuningan, Jangan Lupa Icip Empat Kulinernya yang Melegenda

Berbicara tentang Kabupaten Kuningan, Jawa Barat terkenal akan wisata alamnya yaitu berupa curug, Taman Wisata Gunung Gunung Ceremai, Curug Putri, Cadas Gantung. Selain itu, Kuningan juga banyak…

Kementerian Pariwisata mendukung kegiatan Touring Manaqib ke Pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 18:00 WIB

Mengenal Wisata Religi Lewat Touring Manaqib ke Pantai Santolo, Garut

Selain wisata budaya dan alam, Indonesia juga memiliki wisata religinya. Salah satunya yaitu Touring Manaqib yang berlangung pada hari ini, Sabtu (20/1/2018) dan Kementerian Pariwisata mendukung…

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 17:00 WIB

Oktober 2018 Mendatang, AirAsia Pastikan Buka Penerbangan dari Manado ke Malaysia

Bulan Oktober 2018 mendatang, maskapai penerbangan AirAsia memastika membuka rute penerbangan internasional dari Manado ke Malaysia.

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:05 WIB

Astra Otoparts Gandeng Pirelli Luncurkan Ban Sepeda Motor Underbone

PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)melalui PT Evoluzione Tyres bekerja sama dengan Pirelli Tyre S.p.A menghadirkan Ban Diablo Rosso Corsa II yang dirancang khusus untuk sepeda motor underbone yang…

Taman Laut Tumbak, Manado, Sulawesi Utara (Foto:traviamgz.com)

Sabtu, 20 Januari 2018 - 16:00 WIB

Sriwijaya Air Optimis Jumlah Penumpang ke Manado Meningkat di Tahun 2018

Dengan dipermudahkannya akses menuju ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, Sriwijaya Air Group mengatakan bahwa tahun ini jumlah penumpang dari dan menuju Kota Manado Provinsi Sulawesi…