Menperin Serahkan Alat Bantuan Kopi Guna Dorong Pengembangan Industri Kopi Nasional

Oleh : Ridwan | Senin, 10 Juli 2017 - 13:15 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menyerahkan bantuan alat pengolahan kopi kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung (Foto Ridwan)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat menyerahkan bantuan alat pengolahan kopi kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rangka mengembangkan industri nasional khususnya kopi, Kementerian Perindustrian melakukan penyerahan bantuan alat kopi kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung.

Acara penyerahan bantuan alat kopi diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang didampingi oleh Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin, Gati Wibawaningsih kepada Dinas Perindustrian Kabupaten Tanggamus, Lampung.

"Kinerja industri kopi di dalam negeri mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata 7 persen per tahun," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di kantor Kemenperin, Jakarta (10/7/2017).

Seperti diketahui, ekspor produk kopi olahan pada tahun 2014 mencapai USD 322,6 juta atau meningkat 10,6 persen menjadi USD 356,79 juta pada tahun 2016. "Ekspor produk kopi olahan didominasi oleh produk kopi instant, ekstrak, esens dan konsentrat kopi yang tersebar ke negara tujuan ekspor seperti Mesir, Taiwan, Thailand, Malaysia, Filipina dan Singapura," terang Menperin.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, untuk mengatasi tantangan pengembangan industri pengolahan kopi pada masa yang akan datang, Kemenperin telah menyusun beberapa kebijakan yaitu, industri pengolahan kopi dimasukkan ke dalam industri prioritas, pemberian fasilitas pajak penghasilan di beberapa daerah di luar Jawa, harmonisasi tarif bea masuk produk kopi olahan dari 5 persen menjadi 20 persen melalui peraturan Menteri Keuangan No.132 Tahun 2015. "Harmonisasi tarif ini dimaksudkan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi industri pengolahan kopi di dalam negeri," kata Airlangga.

Selanjutnya, memberlakukan standar nasional indonesia (SNI) kopi instant secara wajib mulai berlaku efektif pada tanggal 17 Januari 2016, sesuai Peraturan Menteri Perindustrian no. 87/M-IND/PER/10/2014.

Menurutnya, meskipun berbagai permasalahan masih dihadapi dalam pengembangan industri pengolahan kopi, namun pengembangan industri ini masih mempunyai prospek yang sangat baik, mengingat konsumsi kopi masyarakat Indonesia rata-rata baru mencapai 1,2 kilogram per kapita/tahun, jauh dibawah negara-negara pengimpor kopi lainnya," ucapnya.

Arilangga berharap kegiatan ini memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan industri pengolahan kopi skala kecil dan menengah. "Saya berharap alat pengolahan kopi yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk IKM dan memajukan industri kopi nasional," tutup Menperin.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…