Tidak Percaya Diri Saat Interview Sebagai Marketing? Begini Kunci Suksesnya!

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 09 Juli 2017 - 15:00 WIB

Ilustrasi Bekerja (ist)
Ilustrasi Bekerja (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jika Anda seorang pencari pekerja dan ingin bekerja sebagai Marketing tetapi bingung dan tidak percaya diri jika saat interview, berikut ini cara sukses menjawab pertanyaan saat wawancara sebagai Marekting.

1. Aspek pemasaran apa yang paling Anda minati?

Apa maksudnya

Pewawancara ingin mengetahui aspek apa dari pekerjaan ini yang membuat Anda
termotivasi dan tetap terinspirasi.

Cara terbaik untuk menjawab

Belajar dari pengalaman, ceritakan tentang aspek dari proses pemasaran yang menurut Anda paling menstimulasi. Contohnya termasuk proses kreatif, berkolaborasi dengan tim kreatif yang lainnya, jaringan social, bagaimana cara produk yang Anda hasilkan membuat perubahan dalam masyarakat, dll. Buatlah personal dan spesifik. Hal ini menunjukkan minat dan ketulusan.
 
2. Apa saja kualitas penting agar sukses dalam bidang pemasaran menurut Anda?

ini merupakan cara halus untuk membaca kepribadian dan nilai-nilai yang Anda miliki.

Cara terbaik untuk menjawab

Sebutkan beberapa sifat dan bagikan alasan mengapa Anda pikir bahwa sifat-sifat tersebut penting. Anda juga bisa mencontohkan seorang manajer yang memiliki kualitas-kualitas tersebut yang Anda ikuti jejaknya.
 
3. Jika kami minta Anda mengevaluasi blog kami, apa yang akan Anda lakukan?

Apa maksudnya

Pemimpin perusahaan potensial Anda ingin mengetahui seberapa baikkah Anda dalam memahami pemasaran via internet dan proses evaluasi akan keefektifan suatu blog.

Cara terbaik untuk menjawab

Bertanyalah. Semakin banyak akan semakin baik. Anda tidak bisa menjawab jika Anda tidak mengetahui fakta yang relevan. Oleh karenanya, jangan asal menyimpulkan sebelum memahami seberapa baikkah blog perusahaan tersebut berjalan. Utamakan pertanyaan Anda pada tujuan blog, peringkat percakapan rata-rata, tipe isi yang paling popular, generasi pemimpin, dan lain sebagainya.

Memberi komentar tentang blog perusahaan di awal wawancara pastinya merupakan suatu bagian penting dari persiapan kerja. Ingatlah kualitas isi dan presentasi dari blog tersebut, pertimbangkan jawaban dari pewawancara Anda akan pertanyaan –pertanyaan Anda ketika memberikan rekomendasi Anda akan hal-hal yang perlu ditingkatkan.
 
4. Terdapat cakupan jenis isi dan platform yang luas yang bisa dimanfaatkan oleh bagian pemasaran saat ini: video, ebook, postingan blog, infografis, podcast, seminar web, Facebook, Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya. Haruskah kita lakukan semua?

Apa maksudnya

Mereka ingin menilai kemampuan analitik dan pemecahan masalah yang Anda miliki selain kewaspadaan dan pemahaman Anda akan tren pemasaran saat ini.

Cara terbaik untuk menjawab

Semuanya adalah masalah prioritas. Tidak masuk akal untuk melakukan semuanya jika format isi/ platform tidak sesuai dengan target konsumen perusahaan. Inti dari isi pemasaran adalah unttuk menghasilkan informasi yang dicari oleh konsumen dengan cara yang mengikat dan dapat menciptakan kerjasama dan interaksi dengan konsumen. Ingat, susunlah jawaban Anda sesuai dengan bisnis inti perusahaan dan kepentingan konsumen. Pastikan untuk tetap relevan.
 
5. Apa yang akan Anda katakan tentang aspek kunci dari suatu situs yang efektif yang menciptakan kualitas utama dan menjaga pengunjung tetap kembali setiap hari?

Apa maksudnya

Pewawancara ingin melihat:

a) Seberapa banyakkah pengetahuan yang Anda miliki tentang desain web dan teknologi, dan
b) Seberapa tahukah Anda akan pemasaran melalui situs internet?

Cara terbaik untuk menjawab

Pikirkan beberapa situs tertentu yang Anda suka (lebih baik perusahaan terkenal). Jika Anda punya tablet, bahkan lebih baik lagi karena Anda bisa menampilkan situs tersebut dan menjawab pertanyaan wawancara tentang aspek-aspek kunci dari situs tersebut yang Anda rasa penting untuk keberadaan perusahaan secara online. Hubungkan evaluasi Anda dengan target konsumen dan bisnis inti perusahaan tersebut – hal ini adalah parameter dasar untuk menilai keefektifan suatu situs.
 
Fokus pada pengalaman pengguna situs tersebut secara keseluruhan – estetika, layout, penyajian isi dan struktur, hak cipta, tampilan e-commerce, dan gerbang masuk pembayaran (jika ada) – tiap aspek tersebut saling berkaitan dalam memberikan sebuah pengalaman interaktif dan ramah-pengguna.
 
6. Ceritakan pada kami tentang sebuah proyek pemasaran yang pernah Anda lakukan dengan sukses. Rincilah tantangan-tantangan yang Anda hadapi dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut.

Apa maksudnya

Pewawancara ingin tahu cara Anda menghadapi tantangan dan bagaimana tanggapan Anda akan tekanan. Jika mereka menawari Anda pekerjaan, mereka harus tahu bahwa Anda bisa.

Cara terbaik untuk menjawab

Berikan contoh spesifik akan pengalaman masa lalu Anda yang memperlihatkan akal dan kreativitas Anda, lebih baik dalam situasi dimana Anda bekerja dengan deadline dan budget yang terbatas. Jika mungkin, gabungkan dengan bagaimana kontribusi Anda membawa perubahan di dalam tim. Rincilah kesalahan-kesalahan yang Anda buat dari proses tersebut, apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut.
 
7. Apa yang akan Anda katakana tentang tantangan pekerjaan terbesar dalam bagian pemasaran dan bagaimana cara Anda mengatasinya?

Apa maksudnya

Pewawancara ingin mengetahui kelemahan dan pendekatan Anda dalam pengembangan diri.

Cara terbaik untuk menjawab

Jujurlah dengan jawaban Anda. Sampaikan pada mereka tentang hal-hal yang paling Anda perjuangkan dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Yang penting adalah menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk berkembang dan maju.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…