Marketplace Jadi Pilihan Berbelanja Generasi Millenial Selama Bulan Ramadhan

Oleh : Hariyanto | Minggu, 09 Juli 2017 - 11:11 WIB

CEO blanja.com Aulia E Marinto
CEO blanja.com Aulia E Marinto

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Tahun ini, kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri. Generasi millenial menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online.

Hal tersebut dibuktikan melalui hasil riset dari JakPat kepada 1.000 responden mengenai perilaku belanja online selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah yang mengalami kenaikan cukup signifikan.

Sebanyak 65% responden mengaku berbelanja online 1 hingga 2 kali selama Ramadan. Dari angka ini, generasi millenial (18 tahun hingga 35 tahun), khususnya kelas menengah, adalah kalangan terbesar yang menyumbang angka tertinggi dalam berbelanja online.

Seperti yang dilansir we are social, penetrasi internet global kini telah melampaui 50% sama dengan 3,77 Milyar pengguna internet pada tahun 2017. Tingginya pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat yang kini cenderung lebih memilih situs atau aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhannya.

Perubahan perilaku ini didukung juga oleh banyaknya sejumlah kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace. Selain memiliki harga yang kompetitif, belanja online di platform marketplace juga menawarkan banyak kemudahan dan kepraktisan.

Sebagai satu – satunya e-commerce BUMN, blanja.com juga mengalami dampak positif euphoria Ramadan dan libur Idul Fitri. Kenaikan traffic yang signifikan hingga 98% dari pada bulan sebelumnya dan berbelanja melalui aplikasi (mobile apps) berada di urutan tertinggi.  
 
“Semenjak blanja.com bertransformasi melakukan perubahan besar, termasuk logo & look and feel bulan Maret lalu, kami mulai tancap gas dan lebih agresif lagi tentu saja dengan perhitungan yang matang. Strategi yang kami jalankan memberikan dampak positif terhadap tren transaksi yang meningkat hingga 400%” ujar CEO blanja.com Aulia E Marinto melalui keterangan tertulis kepada INDUSTRY.co.id diterima Minggu (9/7/2017).
 
“Adapun untuk kategori barang yang paling banyak dicari dan dibeli selama Ramadan hingga Lebaran adalah produk gadget, pakaian, dan juga peralatan rumah tangga yang mana produk ini digunakan untuk menunjang perayaan Idul Fitri.” tambah Head of Marketing blanja.com, Faiz Fashridjal.
 
Faiz juga mengaku sudah merencanakan strategi yang tidak kalah menarik untuk tetap mempertahankan performance dan traffic di bulan Juli. Mengusung campaign #JulyJoy “Keseruan Tanpa Batas Untuk Jalani Rutinitas”, blanja.com mengajak masyarakat untuk tetap semangat meski harus kembali menjalani rutinitas lewat beragam diskon produk serta penawaran istimewa dari brand dan partner.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…