Ribuan Umat Buddha Prosesi Asadha Candi Mendut-Candi Borobudur

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 Juli 2017 - 17:50 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Magelang- Ribuan umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti prosesi Asadha dengan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (8/7/2017)

Prosesi berjalan kaki sepanjang empat kilometer tersebut diawali dengan mobil yang membawa lambang Pancasila sebagai simbol persatuan Bangsa Indonesia, kemudian disusul mobil Bhinneka Tunggal Ika yang membawa peserta dengan berbagai pakaian adat.

Selanjutnya berturut-turut barisan pembawa bendera Merah Putih, bendera Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, gunungan hasil bumi, kereta kencana pembawa Relik Buddha, para biku diikuti umat.

Ketua Sangha Theravada Indonesia, Biku Subha Pannyo Mahathera Sanghanayaka mengatakan Asadha merupakan hari raya umat Buddha setelah hari raya Waisak, untuk memperingati peristiwa Buddha Gautama pertamakali mengajarkan ajaran dhamma (kebenaran) kepada lima siswa di Taman Rusa Isipatana India Kuno.

"Esensi dari ajaran yang beliau ajarkan pada Asadha ini sekaligus juga merupakan esensi keseluruhan ajaran Buddha adalah kebebasan dari penderitaan," katanya.

Ia menuturkan Buddha mengajarkan jalan mulia berunsur delapan sebagai jalan untuk membebaskan dari penderitaan bagi umat manusia, yakni pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, usaha benar, perhatian benar, dan samadhi benar.

Ia menyebutkan tema yang diusung dalam peringatan ini "Cinta Kasih Penjaga Kebhinnekaan" dengan harapan perayaan Asadha 2561, umat Buddha Indonesia mempu mengikis hawa nafsu yang dapat memecah belah kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan bangsa Indonesia saat ini.

Menurut dia semangat menebarkan cinta kasih, gotong royong, "tepa slira" dalam keberagaman sangat penting untuk dijaga.

Ia mengatakan Masyarakat Indonesia sangat beragam suku, agama, golongan, dan ras bukanlah menjadi penghalang untuk dapat bersatu hidup rukun dalam keberagaman.

Sebelum hari raya Asadha dilakukan pembacaan kitab Tripitaka di pelataran Candi Borobudur oleh ratusan biku sejak Kamis (6/7).

Setelah melakukan presesi berjalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, umat Buddha melakukan puja bakti Asadha 2561 di pelataran Candi Borobudur. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.