Ribuan Umat Buddha Prosesi Asadha Candi Mendut-Candi Borobudur

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 08 Juli 2017 - 17:50 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY.co.id - Magelang- Ribuan umat Buddha dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti prosesi Asadha dengan berjalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (8/7/2017)

Prosesi berjalan kaki sepanjang empat kilometer tersebut diawali dengan mobil yang membawa lambang Pancasila sebagai simbol persatuan Bangsa Indonesia, kemudian disusul mobil Bhinneka Tunggal Ika yang membawa peserta dengan berbagai pakaian adat.

Selanjutnya berturut-turut barisan pembawa bendera Merah Putih, bendera Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia, gunungan hasil bumi, kereta kencana pembawa Relik Buddha, para biku diikuti umat.

Ketua Sangha Theravada Indonesia, Biku Subha Pannyo Mahathera Sanghanayaka mengatakan Asadha merupakan hari raya umat Buddha setelah hari raya Waisak, untuk memperingati peristiwa Buddha Gautama pertamakali mengajarkan ajaran dhamma (kebenaran) kepada lima siswa di Taman Rusa Isipatana India Kuno.

"Esensi dari ajaran yang beliau ajarkan pada Asadha ini sekaligus juga merupakan esensi keseluruhan ajaran Buddha adalah kebebasan dari penderitaan," katanya.

Ia menuturkan Buddha mengajarkan jalan mulia berunsur delapan sebagai jalan untuk membebaskan dari penderitaan bagi umat manusia, yakni pandangan benar, pikiran benar, ucapan benar, perbuatan benar, penghidupan benar, usaha benar, perhatian benar, dan samadhi benar.

Ia menyebutkan tema yang diusung dalam peringatan ini "Cinta Kasih Penjaga Kebhinnekaan" dengan harapan perayaan Asadha 2561, umat Buddha Indonesia mempu mengikis hawa nafsu yang dapat memecah belah kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan bangsa Indonesia saat ini.

Menurut dia semangat menebarkan cinta kasih, gotong royong, "tepa slira" dalam keberagaman sangat penting untuk dijaga.

Ia mengatakan Masyarakat Indonesia sangat beragam suku, agama, golongan, dan ras bukanlah menjadi penghalang untuk dapat bersatu hidup rukun dalam keberagaman.

Sebelum hari raya Asadha dilakukan pembacaan kitab Tripitaka di pelataran Candi Borobudur oleh ratusan biku sejak Kamis (6/7).

Setelah melakukan presesi berjalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, umat Buddha melakukan puja bakti Asadha 2561 di pelataran Candi Borobudur. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…