Hariyadi Sukamdani Disertasi Untuk Raih Gelar Doktor di UI

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 08 Juli 2017 - 11:49 WIB

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Depok - Dengan diadakannya perubahan kebijakan publik terhadap kinerja perusahaan, terbukti berpengaruh besar dan siginifikan bagi korporasi. Terlebih, kebijakan tentang upah minimum, yang diatur melalui Peraturan Pemerintah RI Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP Pengupahan).

Dikutip dari berbagai sumber, Jakarta, Jumat (7/7/2017), menurut Ketua Asosiasi Pengusahan Indonesia Hariyadi Sukamdani, "Dari data yang dihimpun, terdapat penurunan daya saing dan jumlah pekerja pada industri padat karya akibat kebijakan ketenagakerjaan pemerintah yang tidak fokus."

Pada saat yang sama, Hariyadi menyusun disertasi yang berjudul, "Pengaruh Perubahan Kebijakan Publik Terhadap Kinerja Perusahaan, Studi Empiris Kebijakan Upah Minimum pada Industri Padat Karya"

Ia melalkukan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 206 perusahaan industri padat karya dengan jumlah karyawan minimal 100 orang, dan menggunakan pola pengolahan data menggunakan structural equation modelling.

Menurutnya, kontribusi teoritikal penelitian ini menggabungkan teori psikologi dengan teori strategic management dan melakukan investigasi penerapan multi behavior pada level perusahaan.

"Teori psikologi yang cenderung membahas individu, dalam penelitiannya dapat ditransformasikan pada tingkat organisasi perushaan dan perilaku tunggal dalam teori psikologi dapat dikembangkan perilaku jamak," pungkas Hariyadi, saat mempertahankan disertasi untuk meraih gelar doktor Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen Universitas Indonesia, di Depok.

Hadir dalam sidang terbuka ini Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional Sutrisno Bachir, anggota KEIN Sudhamek, dan sejumlah kolega pengusaha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.