China Jadi Pasar Prospektif Industri Batubara Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 07 Juli 2017 - 14:45 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT ABM Investama yang merupakan perusahaan di bidang industri batubara berniat membidik China sebagai pasar yang sangat prospektif bagi industri batubara di Indonesia.

"Saat ini di China banyak membangun yang sumber energinya batubara. China akan tingkatkan kebutuhan coal-nya saat ini," ungkap Direktur Keuangan ABM lnvestama, Adrian Erlangga ditemui di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Ia menambahkan, secara persentase kebutuhan batu bara untuk pasokan energi akan mengalami penurunan sebanyak 55 persen dalam 10 tahun ke depan. Namun secara rill, kebutuhan energi dunia terus meningkat.

Selain itu, kebutuhan batu bara di sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara ada kecenderungan meningkatkan. Impor menjadi salah satu keputusan yang mesti diambil negara-negara tersebut. "Asia Tenggara, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja Malaysia. Jadi itu membutuhkan batu bara yang luar biasa. Ditambah India yang dinilai akan meningkatkan kapasitas impor batu bara dalam negerinya" paparnya.

Menurutnya, pelaku industri batu bara Indonesia bisa masuk ke pasar di negara tersebut.  "India akan tingkatkan impor batu bara 40 juta ton," tambah dia.

Disisi lain, untuk kebutuhan batu bara dalam negeri sendiri juga masih tinggi, didukung dengan adanya program 35 ribu mega watt listrik oleh pemerintah. Peningkatan kebutuhan batu bara diproyeksikannya naik 2 kali lipat.

"Kebutuhan batubara domestik saat ini sekitar 80 juta ton per tahun. Jadi, sampai 10 tahun kedepan membutuhkan 160-170 juta ton," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…