China Jadi Pasar Prospektif Industri Batubara Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 07 Juli 2017 - 14:45 WIB

Produsen Batubara
Produsen Batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT ABM Investama yang merupakan perusahaan di bidang industri batubara berniat membidik China sebagai pasar yang sangat prospektif bagi industri batubara di Indonesia.

"Saat ini di China banyak membangun yang sumber energinya batubara. China akan tingkatkan kebutuhan coal-nya saat ini," ungkap Direktur Keuangan ABM lnvestama, Adrian Erlangga ditemui di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Ia menambahkan, secara persentase kebutuhan batu bara untuk pasokan energi akan mengalami penurunan sebanyak 55 persen dalam 10 tahun ke depan. Namun secara rill, kebutuhan energi dunia terus meningkat.

Selain itu, kebutuhan batu bara di sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara ada kecenderungan meningkatkan. Impor menjadi salah satu keputusan yang mesti diambil negara-negara tersebut. "Asia Tenggara, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja Malaysia. Jadi itu membutuhkan batu bara yang luar biasa. Ditambah India yang dinilai akan meningkatkan kapasitas impor batu bara dalam negerinya" paparnya.

Menurutnya, pelaku industri batu bara Indonesia bisa masuk ke pasar di negara tersebut.  "India akan tingkatkan impor batu bara 40 juta ton," tambah dia.

Disisi lain, untuk kebutuhan batu bara dalam negeri sendiri juga masih tinggi, didukung dengan adanya program 35 ribu mega watt listrik oleh pemerintah. Peningkatan kebutuhan batu bara diproyeksikannya naik 2 kali lipat.

"Kebutuhan batubara domestik saat ini sekitar 80 juta ton per tahun. Jadi, sampai 10 tahun kedepan membutuhkan 160-170 juta ton," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:30 WIB

BCA Pastikan Akuisisi Bank Kecil Selesai Tahun Ini

PT Bank Central Asia Tbk memastikan proses akuisisi bank umum kegiatan usaha I (BUKU I) atau bank bermodal di bawah Rp1 triliun akan selesai pada tahun ini, setelah rencana tersebut tak kunjung…

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…

The Parc Apartement tawarkan konsep coliving bagi kaum milenial, Foto : INDUSTRY.co.id

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:59 WIB

Ini Strategi Bisnis Pengembang South City di Tahun Politik

Mengawali tahun 2019 dan dalam momentum tahun politik PT Setiawan Dwi Tunggal terus optimis dalam mengembangkan bisnis korporasinya, yaitu melalui proyek apartemen di South City Cinere. Lantas…

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) (Foto Ist)

Selasa, 15 Januari 2019 - 21:00 WIB

Krakatau Steel Jalankan Dua Proyek Besar Tahun ini

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk akan menjalankan dua proyek strategis tahun ini. Proyek ini bertujuan untuk melakukan ekspansi kapasitas di bagian hilir dan menurunkan biaya produksi di bagian…