PT PAL Indonesia Garap Kapal Pembangkit Listrik Pesanan Turki

Oleh : Hariyanto | Jumat, 07 Juli 2017 - 11:40 WIB

Kapal pembangkit listrik (ist)
Kapal pembangkit listrik (ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri galangan kapal, PT PAL Indonesia (Persero) akan membangun empat kapal pembangkit listrik pesanan perusahaan pabrikan kapal pembangkit listrik asal Turki, Karpowership.

Kedua perusahaan telah menandatangani kesepakatan kerjasama strategis dalam pembangunan empat kapal pembangkit listrik Indonesia pertama di galangan kapal Indonesia.

Penandatanganan itu disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Turki Nihat Zeybekci dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita, dalam rangka kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo ke Ankara, Turki. Turut serta Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh dan Direktur Utama Karpowership Orhan Remzi Karadeniz.

"Langkah ini sebagai bagian dari rencana armada tambahan sebesar 5000MW," kata Budiman di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Pada Oktober 2016, MoU telah ditandatangani oleh PT PAL sebagai bentuk kerjasama awal dalam mengidentifikasi dan memonitor peluang peluang terkait akan kebutuhan listrik di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

MoU tersebut menjadi pembuka jalan untuk kedua pihak dalam bersama-sama membangun dan berkolaborasi dalam alih teknologi seraya menambahkan nilai lokal Indonesia dalam pembangunan armadanya.

Di bawah perjanjian ini, PT PAL akan membangun 4 unit kapal pembangkit listrik Indonesia dengan kelas Mermaid dengan instalasi berkapasitas antara 36 sampai 80 MW untuk pengadaan listrik di berbagai pulau sepanjang kepulauan Indonesia.

"Dengan kerjasama strategis ini, Karpowership dapat mempeluas operasinya di Indonesia, yang mana sampai hari ini, Karpowership telah berhasil menginstal listrik sebesar 845 MW di Indonesia," ujarnya.

Karpowership merupakan satu-satunya pemilik, operator dan pembangun kapal pembangkit listrik Powership di dunia dan berperan aktif dalam investasi jangka menengah sampai panjang dengan jumlah karyawan sebesar 2.200 orang.

Saat ini, Karpowership memiliki dan mengoperasikan 13 Powerships dengan total kapasitas sebesar 2700 MW dan tambahan 4500 MW yang sedang dalam proses pembangunan. Karpoweship kini beroperasi di Ghana, Indonesia, Lebanon dan Zambia (via Mozambique). Karpowership sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2015 dengan 4 Powerships dan total kapasitas sebesar 845 MW.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…