Kenalkan Cita Rasa Kuliner Khas, Pemkot Madiun Gelar Festival Makanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 07 Juli 2017 - 11:55 WIB

Kuliner Khas Jawa Timur, Pecel Madiun (Ist)
Kuliner Khas Jawa Timur, Pecel Madiun (Ist)

INDUSTRY.co.id, Madiun - Salah satu cara untuk memperkenalkan kuliner khas daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, menggelar Festival Makanan Khas Jawa Timur pada Kamis (6/7/2017).

Kegiatan Festival Makanan Khas Jawa Timur tersebut digelar di Alun-Alun Kota Madiun sebagai bagian dari rangkaian dari perayaan Hari Jadi ke-99 Kota Madiun pada tahun 2017.

Adapun, festival diikuti oleh delapan peserta yakni perwakilan dari Hotel Aston, Hotel Amaris, Sun Hotel, M Cafe Resto, M Pizza, Rumah Makan Itik Emas, Rumah Makan I Club, dan Katering Rahmat. Hadir pula pada acara tersebut Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto beserta ibu Ismah Sugeng Rismiyanto dan pejabat Pemkot Madiun lainnya.

Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto, dikutip dari antara, mengatakan produk makanan dan minuman cukup signifikan dalam mendukung pengembangan pariwisata daerah.

"Kota Madiun sebagai bagian dari wilayah Jawa Timur ikut berperan dan bertanggung jawab mengembangkannya. Acara itu bertujuan menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat guna mengembangkan makanan khas di Kota Madiun dan menciptakan beragam kuliner yang ke depannya dapat menjadi destinasi wisata kuliner di Kota Madiun," ujar Sugeng Rismiyanto.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Sun Hotel menyiapkan masakan Oseng-Oseng dari bahan kulit melinjo beserta ubi sebagai pengganti nasi dengan rasa gurih pedas. Sedangkan dari M Cafe menyuguhkan iga bakar bumbu kecap.

Kemudian, restoran Itik Emas dengan masakan khasnya ayam serabut, Hotel Amaris menyediakan es Pleret, es Blitar beserta ayam Lodho, I club menyiapkan mie tepo pecel dengan bahan dasar tepo yang di goreng.

Lalu, perwakilan M Pizza menyajikan es dawet bubur sungsum, dan terakhir dari Hotel Aston menyuguhkan "sandwich" pecel dengan bahan dasar roti, paru, telor ceplok serta makanan pecel yang menjadi khas Kota Madiun.

"Harapan dalam festival itu tidak hanya melihat tampilan saja, melainkan dituntut untuk menciptakan inovasi dan rasa yang unik," kata dia.

Adapun, kriteria penilaian dalam festival makanan tersebut di antaranya adalah teknik memasak, cara penyajian, tekstur makanan, rasa, penampilan penyajian, layak jual, dan kerapian.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat mendongkrak wisata kuliner khas Kota Madiun sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Madiun untuk mencicipi masakan khas tersebut.

Sementara, data Dinas Parwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun mencatat wisata kuliner merupakan satu dari sejumlah jenis wisata yang dikembangkan oleh pemkot setempat. Selain wisata kuliner, terdapat wisata religi, wisata iptek, wisata budaya, dan wisata belanja yang intensif digarap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 19 Desember 2018 - 10:25 WIB

Pembangunan PLTGU Jawa 1 Berkapsitas 1.760 MW Resmi Dimulai

Pembangunan proyek terintegrasi infrastruktur gas dan pembangkit listrik gas (PLTGU) Jawa 1 resmi dimulai hari ini, Rabu (19/12/2018) yang berlokasi di Desa Cimalaya, Kabupaten Karawang, Jawa…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:55 WIB

Ini Rekomendasi Saham-saham Pilihan Hari Ini

Jakarta - Diperkirakan IHSG akan bergerak cenderung mencoba menguat dengan support resistance 6013-6120. Saham-saham yang dapat dicermati diantaranya TBLA, LSIP, TKIM, JPFA, KLBF, BBTN, BSDE,…

Film Bintang Ketjil produksi tahun 1963 yang direstorasi oleh Pusbangfilm

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:50 WIB

Pusbangfilm Kemendikbud Restorasi Film Bintang Ketjil Produksi 1963

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Pengembangan Perfilman (pusbangfilm) berhasil merestorasi film Bintang Ketjil karya sutradara Wim Umboh dan Misbach Jusa Biran…

Deretan Gelang dan Tali Jam STRAPS yang siap memenuhi permintaan konsumen.

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:32 WIB

Bermula dari Tali Jam STRAPS Jadi Produk Fashion Kekinian

Bagi kalangan anak milenial, straps, atau juga dikenal sebagai gelang dengan motif khusus sudah tidak asing lagi. Banyak yang mengenakannya sebagai bagian dari mode, ada juga yang menjadikannnya…

Bendungan Logung

Rabu, 19 Desember 2018 - 09:22 WIB

Mulai Diisi, Bendungan Logung Mampu Mengairi 5.296 Ha Irigasi dan Destinasi Wisata Baru Kudus

Bendungan Logung merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun tahun 2015-2019 untuk mewujudkan Nawacita Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla membangun ketahanan…