Hampir Tiap Tahun Kasus Kanker Anak Capai 650 Pasien

Oleh : Kormen | Jumat, 16 Desember 2016 - 14:35 WIB

Ilustrasi Kasus leukimia atau kanker darah pada anak
Ilustrasi Kasus leukimia atau kanker darah pada anak

INDUSTRY.co.id - Kasus leukimia atau kanker darah paling banyak terjadi pada anak di Indonesia. Dari data yang ada, jumlahnya diperkirakan mencapai 70 persen dari total kasus kanker. Sementara jumlah penderita kanker anak di dunia mencapai 6,25 juta orang per tahun

Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia, Tyas Handayani mengatakan, WHO mencatat kasus kanker pada anak di Indonesia mencapai 4.100 kasus per tahunnya dengan kasus baru yang muncul sebanyak 650 kasus hanya untuk wilayah DKI Jakarta tiap tahun. Ironisnya.

“Dari 650 pasien kanker pada anak, rata rata terjadi pada keluarga kurang mampu,”ujarnya di sela rangkaian aksi sosial dalam rangka HUT ke-3 PT PP Properti Tbk, di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Tyas mengharapkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak khususnya kalangan pengusaha dan korporat diharapkan dapat meringankan beban para penderita kanker tersebut. Terlebih, mayoritas penderita baru terdeteksi mengidap kanker saat memasuki stadium lanjut, akibat informasi dan akses kesehatan yang terbatas.

Menurut Tyas, melihat kasus kanker anak yang terjadi setiap tahunnya meningkat, membutuhkan dana kepedulian  sekitar Rp 2 miliar.

“Ya melalui berbagai aktivitas, Pita Kuning berusaha memfasilitasi pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial anak–anak kanker, beserta keluarganya yang saling melengkapi, dengan proses pengobatan. Sehingga, anak-anak (penderita) kanker dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan baik,” ujar Tyas.

PP Properti Peduli Kanker

 Dalam rangka Peduli kanker anak, PT PP Properti Tbk, menggandeng Yayasan Pita Kuning, mengadakan senam Zumba bersama diParkir Selatan, Senayan - Gelora Bung Karno, minggu 18 Desember 2016. Senam Zumba iniakan diikuti sekitar 300 orang zumba lovers.

Kegiatan ini adalah salah satu program CSR PPRO untuk menjalankan salah satu misiperusahaan agar berkomitmen dan berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Acara yang digagas oleh PP Properti dalam rangka HUT ke-3nya itu, bersama dengan ZumbaLovers mengajak masyarakat, meningkatkan kepedulian terhadap anak anak penderitakanker sekaligus mendukung masyarakat untuk hidup sehat melalui olahraga Zumba. Kegiatanini bertema “HopforHope” sebuah gerakan untuk seribu kebaikan.

Sebelumnya, sejumlah kegiatan dalam rangkaian Ulang Tahun tersebut telah dilakukan antaralain seperti PP Properti Fair di Mall Kota Kasablanka pada tanggal 21-27 November 2016,Launching Lagoon Avenue di JS luwansa pada tanggal 29 November 2016, Give Blood Save Life(Donor Darah) pada 30 November 2016, Pembagian Sembako gratis tanggal 6 Desember 2016,Kunjungan langsung ke salah satu penderita Kanker tanggal 9 Desember 2016, Soft launching

Kamala Kandara tanggal 16 Desember 2016, dan program CSR - Zumba for Charity tanggal 18Desember di Parkir Selatan Senayan, Gelora Bung Karno.

“Pada kesempatan ini kami memberikan kontribusi dengan memberikan donasi kepada anakanak penderita kanker melalui Pita Kuning, PPRO bersama Pita kuning melakukan satu aksi

kemanusiaan, mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan berolahraga melalui senam zumbayang diadakan pada hari minggu, 18 Desember 2016” ungkap Taufik Hidayat, Direktur Utama PP Properti.

Tyas Handayani mengucapkan rasa syukur dan terimakasih yang tak terhingga atas perhatian PP Properti. “kami berharap akan banyak lagi korporat lain yang mengikuti jejak PT PP Properti Tbk, membantu berdonasi untuk anak-anakkanker Indonesia”.

Tyas menambahkan, olahraga Zumba adalah olahraga yg dinamis, bergerak, ceria, dan penuh optimisme. Inimemberikan semangat bagi adik-adik kita yg terkena kanker untuk selalu optimis dan kuat dalam menghadapi cobaan hidup mereka dalam hal ini kanker.

Harapan akan selalu ada untuksiapapun yang mau berjuang mewujudkannya, begitupula harapan untuk sehat.

“Peserta senam Zumba antara lain berasal dari Komunitas Zumba Lover, Karyawan PP Properti,serta semua masyarakat umum yang peduli terhadap penderita kanker. Masyarakat umumdapat menjadi peserta Zumba dengan dikenakan biaya Rp 100.000. Biaya tersebut sudahtermasuk Donasi, T-Shirt, Snack & Rubberhand,”ujarnya.Kormen

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…