Tingkatkan Kapasitas Produksi, Chandra Asri Perbaiki Pabrik Naphtha Cracker

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Juli 2017 - 15:03 WIB

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menunjuk perusahaan yang berkedudukan di Amerika Serikat, CB&I, untuk memasok kebutuhan material perbaikan pabrik naphtha cracker.

Proyek perbaikan tersebut dimulai pembangunan pada kuartal ketiga 2018 dan diharapkan rampung pada kuartal pertama 2020.

Dengan adanya perbaikan pabrik ini, maka dapat meningkatkan kapasitas produksi ethylene perseroan dari 860 kiloton per annum/KTA menjadi 900 KTA, propylene dari 470 KTA menjadi 490 KTA, pt-gas dari 400 KTA menjadi 420 KTA, dan mixed C4 dari 315 KTA menjadi 330 KTA.

"Kapasitas produksi tambahan ini akan memungkinkan CAP untuk lebih melayani permintaan produk-produk petrokimia di Indonesia," kata Direktur Suryadi dalam siaran pers yang diterima Rabu (5/7/2017).

Sebelumnya, kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian basic and detailed engineering services pada awal tahun ini.

PT Petrokimia Butadiene Indonesia (PBI) juga mempercayakan CB&I untuk mengerjakan pabrik baru. Petrokimia Butadiene telah menandatangani perjanjian dengan CB&I terkait lisensi dan desain engineering pabrik Methyl Tertiary Butly Ether (MBTE) dan Butene-1.

Pabrik baru ini akan dibangun di Cilegon, Banten. Adapun lingkup pekerjaan meliputi lisensi dan desain engineering CDMtbe, BASF, selective hydrogenation, dan Butene-1 separation process technology dengan kapasitas MTBE sekitar 128 KTA dan Butene-1 sebanyak 43 KTA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…

Pelayanan di Kantor Bank DKI

Kamis, 18 April 2024 - 09:16 WIB

PJ Gubernur DKI Jakarta Harap Bank DKI Terus Bertumbuh Bersama Kota Jakarta

Memperingati perayaan ulang tahun Bank DKI yang ke-63 tahun pada (11/04), Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan harapan Bank DKI dapat terus menjadi mitra…

karier di Telkom versi LinkedIn Top Companies 2024

Kamis, 18 April 2024 - 08:44 WIB

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn Top Companies 2024.

Founder sekaligus Ketua Yayasan Syariah Hardjuno Wiwoho (SHW) Center, Hardjuno Wiwoho

Kamis, 18 April 2024 - 08:23 WIB

DPR Didorong Sahkan RUU Perampasan Aset Jadi UU

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan publik seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu mengundangkan RUU Perampasan…

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…