Pengoprasian Pabrik Semen Rembang Masih Menunggu KHLS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Juli 2017 - 14:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Hingga saat ini rencana pengoperasian pabrik semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Rembang, Jawa Tengah belum menemui titik terang dan masih menunggu Kajian Strategis Lingkungan Hidup (KLHS) yang diperkirakan rampung pada September 2017.

"Kami ingin menghormati proses Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang tengah meneliti perbukitan kapur yang menjadi sumber tambang pabrik. Tunggu saja, saya tidak berani berandai-andai," kata Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero), Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Sementara, hingga Mei 2017, perusahaan dengan kode emiten SMGR tersebut menjual 10,9 juta ton semen atau tumbuh 8,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dengan perincian 10,4 juta ton penjualan semen di pasar domestik dan 559.000 ton penjualan semen di pasar ekspor.

Semen Indonesia mengaku lokasi pabrik yang tersebar memudahkan proses penjualan semen. Dengan begitu, mereka bisa mengatasi kendala distribusi barang.

"Seperti pabrik di Padang untuk pasar Maldives, Mauritius dan Bangladesh, sementara Tonasa ekspor ke Timor Leste hingga Australia," ungkap Agung.

Semen Indonesia memperkirakan, puncak penjualan semen akan terjadi pada kuartal III nanti. Volume penjualan semen dari Januari hingga September berpotensi tumbuh antara 5,5% hingga 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PMA 9502 dan Polytron Play meraih penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Senin, 23 Juli 2018 - 19:55 WIB

PMA 9502 dan Polytron Play Raih Penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Selain mengutamakan kualitas pada barang, setiap orang pasti mempertimbangkan juga model, bentuk dan design. Karena komponen diatas adalah salah satu penentu sehingga diputuskan untuk mendapatkannya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sarasehan OTNAS (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:43 WIB

Kemenperin Usulkan Bangun Laboratorium Kimia di Indonesia

Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan agar di Indonesia dapat dibangun laboratorium rujukan kimia yang memiliki standar internasional. Pasalnya, keberadaan laboratorium tersebut di wilayah…

Jumpa pers kampanye #1000HariPerlindungan pada anak bersama Sleek Baby, di Djakarta Theater XXI (23/7). (Dina Astria/Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:35 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Kriteria Wajib untuk Beri Perlindungan Higienis Pada Anak

Semua orang tua pastinya ingin memberikan perlindungan optimal untuk anak. Sejak janin dalam kandungan, hingga ia tumbuh dan beranjak dewasa. Perlindungan yang diberikan mulai dari asupan nutrisi…

Mi Terpedas di Dunia di Ubud Food Festival 2018 (Foto: Chodijjah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:30 WIB

Wow! Ada Mie Terpedas di Dunia, Berani Coba?

Kuliner Indonesia identik dengan makanan pedasnya. Salah satunya masakan yang sedang hits yakni mie terpedas yang terdapat di Warung Abang Adek yang legendaris itu. Memiliki rasa yang sangat…

Ketum PPP dan Presiden Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:29 WIB

Senin Malam, Presiden Jokowi Bertemu Ketum Parpol Koalisi

Presiden Joko Widodo, Senin malam, dijadwalkan melakukan pertemuan dengan enam ketua umum partai politik anggota koalisinya di Istana Bogor.