Pengoprasian Pabrik Semen Rembang Masih Menunggu KHLS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Juli 2017 - 14:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Hingga saat ini rencana pengoperasian pabrik semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Rembang, Jawa Tengah belum menemui titik terang dan masih menunggu Kajian Strategis Lingkungan Hidup (KLHS) yang diperkirakan rampung pada September 2017.

"Kami ingin menghormati proses Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang tengah meneliti perbukitan kapur yang menjadi sumber tambang pabrik. Tunggu saja, saya tidak berani berandai-andai," kata Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero), Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Sementara, hingga Mei 2017, perusahaan dengan kode emiten SMGR tersebut menjual 10,9 juta ton semen atau tumbuh 8,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dengan perincian 10,4 juta ton penjualan semen di pasar domestik dan 559.000 ton penjualan semen di pasar ekspor.

Semen Indonesia mengaku lokasi pabrik yang tersebar memudahkan proses penjualan semen. Dengan begitu, mereka bisa mengatasi kendala distribusi barang.

"Seperti pabrik di Padang untuk pasar Maldives, Mauritius dan Bangladesh, sementara Tonasa ekspor ke Timor Leste hingga Australia," ungkap Agung.

Semen Indonesia memperkirakan, puncak penjualan semen akan terjadi pada kuartal III nanti. Volume penjualan semen dari Januari hingga September berpotensi tumbuh antara 5,5% hingga 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…