Pengoprasian Pabrik Semen Rembang Masih Menunggu KHLS

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Juli 2017 - 14:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Hingga saat ini rencana pengoperasian pabrik semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Rembang, Jawa Tengah belum menemui titik terang dan masih menunggu Kajian Strategis Lingkungan Hidup (KLHS) yang diperkirakan rampung pada September 2017.

"Kami ingin menghormati proses Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang tengah meneliti perbukitan kapur yang menjadi sumber tambang pabrik. Tunggu saja, saya tidak berani berandai-andai," kata Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero), Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Sementara, hingga Mei 2017, perusahaan dengan kode emiten SMGR tersebut menjual 10,9 juta ton semen atau tumbuh 8,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Dengan perincian 10,4 juta ton penjualan semen di pasar domestik dan 559.000 ton penjualan semen di pasar ekspor.

Semen Indonesia mengaku lokasi pabrik yang tersebar memudahkan proses penjualan semen. Dengan begitu, mereka bisa mengatasi kendala distribusi barang.

"Seperti pabrik di Padang untuk pasar Maldives, Mauritius dan Bangladesh, sementara Tonasa ekspor ke Timor Leste hingga Australia," ungkap Agung.

Semen Indonesia memperkirakan, puncak penjualan semen akan terjadi pada kuartal III nanti. Volume penjualan semen dari Januari hingga September berpotensi tumbuh antara 5,5% hingga 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat Peresmian Laboratorium Uji Pelumas PT. Surveyor Indonesia (Persero) di Sentul, Bogor

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

Menperin Akan Beri Sanksi bagi Industri yang Tidak Terapkan SNI Wajib Pelumas

Kementerian Perindustrian telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas secara wajib.

BBRI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB

BBRI Terus Melesat Sentuh Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., berhasil menorehkan capaian gemilang dengan mencatatkan harga saham tertinggi dengan nilai per unit saham di Bursa Efek Indonesia sebesar Rp. 4.040 atau…

Pasukan Brimob/Polisi (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

Tugas Tugas Berat Polri Jelang dan Pasca Pilpres 2019

Indonesa Police Watch (IPW) mendata ketiga tugas berat Polri itu yakni; Pertama, mengantisipasi rasa percaya diri yang berlebihan dari para pendukung capres. Sebab dikhawatirkan jika capresnya…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Selasa, 19 Maret 2019 - 09:00 WIB

BNI Syariah Optimalkan Engagement dengan Nasabah

Jakarta - BNI Syariah berusaha mengoptimalkan layanan kepada nasabah dengan meningkatkan engagement dengan nasabah.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 08:00 WIB

Presiden Jokowi akan Hadiri Seminar Revolusi Industri 4.0 di Surabaya

Presiden Jokowi jadi pembicara kunci seminar berjudul "Revolusi Industri 4.0 Meningkatkan Daya Saing, Menjadi Bangsa Pemenang" bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta Gubernur Jawa…