Mentan: Indonesia 25 Besar Indeks Berkelanjutan Pangan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Juli 2017 - 10:24 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pertanian Amran Sulaiman memuji seluruh jajarannya dan pihak terkait seperti Kementerian Perdagangan dan Bulog hingga pertanian Indonesia berhasil masuk 25 besar negara dunia dalam daftar Indeks Keberlanjutan Pangan.

Indeks Keberlanjutan Pangan atau food sustainability index (FSI) yang dirilis oleh lembaga riset dan analisis ekonomi internasional berpusat di Inggris, The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN), itu menunjukkan Indonesia berada di peringkat 21.

"Baru saja ada capaian yang dirilis oleh The Economist Intelligent Unit. "Food Sustainability Index" kita berada urutan 21 dunia dari 133 negara. Kita capai ini karena kerja keras semua, bukan Kementerian Pertanian sendirian, tetapi sinergi kita semua," kata Menteri Amran usai acara halalbihalal di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (3/7/2017)

Amran mengatakan capaian tersebut didapatkan atas sinergi kementerian dan lembaga, yakni Kementerian Perdagangan, Satgas Pangan dan Polri, Kementerian BUMN, KPPU, Bulog, perusahaan BUMD lainnya dan petani serta pedagang yang mendorong produksi dalam memenuhi kebutuhan pangan warga terutama saat musim Ramadhan dan Lebaran 2017.

Pada 2016, Indonesia juga menjadi negara dengan peningkatan tertinggi dalam Indeks Ketahanan Pangan Global atau "Global Food Security Index". Amran bercita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

Ada pun hasil riset dari EIU menunjukkan pertanian Indonesia masuk 25 besar dunia dengan pertimbangan 2/3 penduduk dunia berada di 25 negara tersebut dan mencakup 87 persen total Produk Domestik Bruto (PDB) Dunia.

Riset Indeks Keberlanjutan Pangan (FSI) disusun dari 58 indikator yang mencakup empat aspek, yakni secara keseluruhan (overall), pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture), kehilangan/susut pangan dan limbah (food loss and waste) serta aspek gizi (nutritional challenges).

Secara keseluruhan, Indonesia berada di peringkat 21 setelah Brasil serta berada di atas Uni Emirat Arab, Mesir, Arab Saudi, dan India.

Untuk kategori pertanian berkelanjutan, Indonesia berada di peringkat 16 setelah Argentina serta berada di atas Cina, Ethiopia, Amerika Serikat, Nigeria, Arab Saudi, Afrika Selatan, Mesir, Uni Emirat Arab, dan India.

Pada kategori ini, Indonesia mendapat skor tinggi pada ketersediaan sumber daya air yang melimpah, rendahnya dampak lingkungan sektor pertanian pada lahan, keanekaragaman hayati lingkungan, produktivitas lahan, serta mitigasi perubahan iklim.

Sebelumnya pada Juni 2016, lembaga riset EIU mengumumkan bahwa Indonesia peringkat 71 dari 133 negara dengan peningkatan terbesar di dunia dengan skor 2,7 pada Global Food Security Index (GFSI). (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…