Lorena Operasikan Bis Tingkat untuk Boutique Mass Transportation

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 03 Juli 2017 - 10:08 WIB

Lorena Operasikan Bis Tingkat untuk Boutique Mass Transportation (Foto Ist)
Lorena Operasikan Bis Tingkat untuk Boutique Mass Transportation (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) mengoperasikan armada bus tingkat (double decker bus) jenis Mercedes Benz OC500 RF2542 untuk mengubah strategi bisnisnya dari layanan mass public transportation menjadi boutique mass transportation pada 2017.

“Karena itu, kami secara berangsur-angsur akan mengubah layanan dari kelas eksekutif menjadi kelas super eksekutif untuk meningkatkan tingkat pelayanan kepada para pelanggan,” ujar G.T. Soerbakti, Direktur Pelaksana dan Keuangan LRNA, Senin (03/07/2017).

Soerbakti mengemukakan, strategi bisnis lainnya adalah memperkuat dan menambah jumlah armada bus di BRT (bus rapid transport) seperti TransJakarta. Disamping itu, manajemen LRNA juga akan memperkuat armada untuk rute jangka pendek, termasuk menjajaki kemungkinan masuk di Jakarta Residence Connection dan Jakarta Airport Connection yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Soerbakti menjelaskan, manajemen LRNA juga akan memperkuat Digital Marketing & e-Ticketing, yaitu sistim penjualan tiket secara on-line yang dilaksanakan bekerjasama dengan AlfaMart dan Indomaret serta memperkuat kerjasama dengan ESL Cargo & ESL Logistic.

“Kami juga akan menjajaki kemungkinan untuk melakukan ekspansi ke bidang lainnya di industri non-transportasi namun secara tidak langsung akan berkaitan dengan industri transportasi,” tukas Soerbakti.

Pada 2016, kinerja sektor transportasi darat pada umumnya mengalami penurunan. Hal itu juga dirasakan oleh perseroan yang mengalami penurunan pendapatan menjadi Rp126,77 miliar dibandingkan posisi pada 2015 sebesar Rp163,03 miliar.

Penurunan itu disebabkan oleh penurunan pendapatan usaha di segmen bisnis antarkota antarprovinsi (AKAP) sebesar 23,44% dari Rp140,276 miliar pada 2015 menjadi Rp107,387 miliar pada 2016 dan penurunan di segmen bisnis Busway TransJakarta sebesar 14,58% dari Rp17,42 miliar pada 2015 menjadi Rp14,88 miliar di 2016.

“Penurunan pendapatan di semua segmen bisnis mengkibatkan perseroan merugi Rp28 miliar pada 2016. Karena itu, kami akan menutup semua rute yang mengakibatkan penurunan pendapatan perseroan. Sementara itu, berbagai rute baru yang dijalankan perseroan masih membutuhkan waktu untuk penetrasi pasar,” papar Soerbakti.

Menurut Soerbakti, penurunan pendapatan pada 2016 karena semakin ketatnya persaingan antar sesama operator transportasi darat AKAP seiring dengan peningkatan pesat pembangunan jalan tol di Pantura menuju Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Disamping persaingan bisnis yang semakin ketat, para operator transportasi darat AKAP juga harus bersaing ketat dengan moda transportasi lainnya, seperti kereta api dan transportasi penerbangan berbiaya murah,” pungkas Soerbakti. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Kamis, 21 September 2017 - 21:00 WIB

Groundbreaking Tol Layang Makassar Dimulai 12 Oktober

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan proyek tol layang Pettarani Makassar sesuai rencana dimulai 12 Oktober…

 Calon Bupati Jaya Pura Nomor 3 Godlief Ohee

Kamis, 21 September 2017 - 20:25 WIB

Pilkada Kabupaten Jayapura, Calon Petahana Mathius Awitauw Didiskualifikasi Bawaslu

Jakarta- Bawaslu RI merekomendasikan pembatalan Mathius Awitauw Sebagai Calon Bupati Jayapura. Hal itu disampaikan Calon Bupati Nomor Urut Nomor 3 Godlief Ohee.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Utama PT Inti Darman Mappangara berjabat tangan.

Kamis, 21 September 2017 - 20:16 WIB

Telkom dan PT INTI Bersinergi Garap Layanan Internet of Things Devices

Jakarta-PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT INTI) menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung…

Direktur Wholesale & Internasional Service Telkom Abdus Somad Arief (kedua dari kanan) bersama Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Rumah Kreatif BUMN (RKB) Asmawi Syam (tengah).

Kamis, 21 September 2017 - 20:07 WIB

TelkomGroup Latih E-Commerce dan Pemasaran Online UMKM Indonesia Go Global

Jakarta-Dalam rangka mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menembus pasar global di era digital, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus optimalkan keberadaan…

PT Paramount Land

Kamis, 21 September 2017 - 19:30 WIB

Paramount Land Raih Penghargaan Dot Property Indonesia

Paramount Land meraih 3 penghargaan sekaligus atas komitmennya dalam menciptakan produk-produk properti terbaik dalam ajang Dot Property Indonesia Awards 2017.