Parade Budaya Indonesia Tampil di Perayaan Hari Kanada ke-150

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Juli 2017 - 08:25 WIB

Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)
Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)

INDUSTRY.co.id - London- Komunitas Indonesia yang tergabung dalam "Association de la Communaut  Indonsienne du Qubec (ACIQ)" ikut memeriahkan Canada Day ke-150 dengan berpartisipasi dalam parade budaya tahunan.

ACIQ dipimpin Dialin Putri Dahlan, diaspora Indonesia yang bermukim di Kanada selama lebih dari 10 tahun, kata Sekertaris Tiga Pensosbud KBRI Ottawa Nadia Amalia kepada Antara London, Senin (3/7/2017)

Dikatakan khusus tahun ini dalam perayaan n Canada Day yang ke 150 tahun, ACIQ menggalang masyarakat Indonesia d Montral untuk berpartisipasi dengan mengusung tema parade kostum nusantara.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari orang dewasa hingga anak kecil berbaris dengan mengenakan pakaian adat lengkap hiasan dari berbagai daerah seperti Batak, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada memeriahkan pawai.

Sepanjang parade sejauh sekitar 2 km , kontingen Indonesia juga menampilkan Tari Sesonderan secara terus-menerus diiringi mobil dihias dengan ornamen dan kain khas Indonesia. Rintik hujan sepanjang parade tidak mematahkan semangat penari menghibur penonton.

Warga setempat yang menonton parade antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan penonton pada kontingen Indonesia di sepanjang jalanan parade.

Dubes Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah menyampaikan apresiasinya atas kreatifitas masyarakat Indonesia di Montral dalam memeriahkan parade Canada Day tahun ini. "Diaspora Indonesia memegang peranan penting dalam promosi budaya Indonesia di luar negeri.

Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," ujar Dubes Faizasyah.

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Seperti halnya HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Canada Day diperingati dengan berbagai kegiatan meriah, seperti konser, piknik, bazar, parade, dan kemeriahan lainnya.

Di Montral, Provinsi Quebec, Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari berbagai macam komunitas dan organisasi setempat.

Selain komunitas Indonesia berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara pada peringatan Canada Day ke 150 ini, di antaranya Brazil, Irlandia, dan Filipina

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…