Parade Budaya Indonesia Tampil di Perayaan Hari Kanada ke-150

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Juli 2017 - 08:25 WIB

Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)
Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)

INDUSTRY.co.id - London- Komunitas Indonesia yang tergabung dalam "Association de la Communaut  Indonsienne du Qubec (ACIQ)" ikut memeriahkan Canada Day ke-150 dengan berpartisipasi dalam parade budaya tahunan.

ACIQ dipimpin Dialin Putri Dahlan, diaspora Indonesia yang bermukim di Kanada selama lebih dari 10 tahun, kata Sekertaris Tiga Pensosbud KBRI Ottawa Nadia Amalia kepada Antara London, Senin (3/7/2017)

Dikatakan khusus tahun ini dalam perayaan n Canada Day yang ke 150 tahun, ACIQ menggalang masyarakat Indonesia d Montral untuk berpartisipasi dengan mengusung tema parade kostum nusantara.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari orang dewasa hingga anak kecil berbaris dengan mengenakan pakaian adat lengkap hiasan dari berbagai daerah seperti Batak, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada memeriahkan pawai.

Sepanjang parade sejauh sekitar 2 km , kontingen Indonesia juga menampilkan Tari Sesonderan secara terus-menerus diiringi mobil dihias dengan ornamen dan kain khas Indonesia. Rintik hujan sepanjang parade tidak mematahkan semangat penari menghibur penonton.

Warga setempat yang menonton parade antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan penonton pada kontingen Indonesia di sepanjang jalanan parade.

Dubes Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah menyampaikan apresiasinya atas kreatifitas masyarakat Indonesia di Montral dalam memeriahkan parade Canada Day tahun ini. "Diaspora Indonesia memegang peranan penting dalam promosi budaya Indonesia di luar negeri.

Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," ujar Dubes Faizasyah.

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Seperti halnya HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Canada Day diperingati dengan berbagai kegiatan meriah, seperti konser, piknik, bazar, parade, dan kemeriahan lainnya.

Di Montral, Provinsi Quebec, Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari berbagai macam komunitas dan organisasi setempat.

Selain komunitas Indonesia berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara pada peringatan Canada Day ke 150 ini, di antaranya Brazil, Irlandia, dan Filipina

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).