Parade Budaya Indonesia Tampil di Perayaan Hari Kanada ke-150

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Juli 2017 - 08:25 WIB

Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)
Parade Budaya Indonesia di Perayaan Hari Kanada ke-150 (Foto Viva)

INDUSTRY.co.id - London- Komunitas Indonesia yang tergabung dalam "Association de la Communaut  Indonsienne du Qubec (ACIQ)" ikut memeriahkan Canada Day ke-150 dengan berpartisipasi dalam parade budaya tahunan.

ACIQ dipimpin Dialin Putri Dahlan, diaspora Indonesia yang bermukim di Kanada selama lebih dari 10 tahun, kata Sekertaris Tiga Pensosbud KBRI Ottawa Nadia Amalia kepada Antara London, Senin (3/7/2017)

Dikatakan khusus tahun ini dalam perayaan n Canada Day yang ke 150 tahun, ACIQ menggalang masyarakat Indonesia d Montral untuk berpartisipasi dengan mengusung tema parade kostum nusantara.

Kontingen Indonesia yang terdiri dari orang dewasa hingga anak kecil berbaris dengan mengenakan pakaian adat lengkap hiasan dari berbagai daerah seperti Batak, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Peserta membawa dan melambaikan bendera Indonesia dan Kanada memeriahkan pawai.

Sepanjang parade sejauh sekitar 2 km , kontingen Indonesia juga menampilkan Tari Sesonderan secara terus-menerus diiringi mobil dihias dengan ornamen dan kain khas Indonesia. Rintik hujan sepanjang parade tidak mematahkan semangat penari menghibur penonton.

Warga setempat yang menonton parade antusias menyambut kontingen Indonesia, terlihat dari sorakan penonton pada kontingen Indonesia di sepanjang jalanan parade.

Dubes Indonesia untuk Kanada Dr. Teuku Faizasyah menyampaikan apresiasinya atas kreatifitas masyarakat Indonesia di Montral dalam memeriahkan parade Canada Day tahun ini. "Diaspora Indonesia memegang peranan penting dalam promosi budaya Indonesia di luar negeri.

Partisipasi mereka dalam kegiatan seperti parade Canada Day ini perlu didukung karena merupakan ajang untuk memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat asing," ujar Dubes Faizasyah.

Canada Day merupakan perayaan hari jadi Kanada yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Seperti halnya HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, Canada Day diperingati dengan berbagai kegiatan meriah, seperti konser, piknik, bazar, parade, dan kemeriahan lainnya.

Di Montral, Provinsi Quebec, Canada Day diperingati dengan parade budaya sepanjang jalan raya Sainte-Catherine sampai Place du Canada yang khusus ditutup untuk pawai dari berbagai macam komunitas dan organisasi setempat.

Selain komunitas Indonesia berpartisipasi juga komunitas dari berbagai negara pada peringatan Canada Day ke 150 ini, di antaranya Brazil, Irlandia, dan Filipina

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan…

Atlet Wushu Indonesia, Lindswell Kwok Raih Medali Emas di Ajang Asian Games 2018

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:25 WIB

Raih Medali Emas, Lindswell Kwok Nikmati Bonus Rp 1,5 Miliar Plus Mobil

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi mengaku telah menyiapkan 3 (Tiga) mobil dan uang sebesar Rp 1,5 miliar sebagai bonus peraih medali emas di ajang Asian Games 2018.

Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam (Foto Anto)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Parmusi Disegani Penguasa Dicintai Ulama

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) berkiprah di Indonesia sudah cukup lama. Era reformasi 1999, Parmusi lahir dari sebelumnya Muslimin…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Senin, 20 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Balap Sepeda Berkibar, Andini dan Khoiful Kawinkan Emas Downhill

Setelah Taekwondo dan Wushu, kini giliran balap sepeda Indonesia berkibar. Kali ini, pasukan Raja Sapta Oktohari tidak tanggung-tanggung meraup dua medali emas pada hari pertama perlombaan balap…

Menpora Imam Nahrawi menyerahkan secara simbolik bonus Rp 1,5 miliar kepada Defia Rosmaniar (Foto: Dok. Kemenpora)

Senin, 20 Agustus 2018 - 20:40 WIB

Menpora Serahkan Bonus Rp 1,5 Miliar kepada Dara Manis Asal Bogor, Defia Rosmaniar

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi secara simbolik menyerahkan bonus medali emas sebesar Rp 1,5 miliar kepada atlet Taekwondo Defia Rosmaniar.