Indonesia Jadi Perhatian di Carnaval Tropical de Paris

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 03 Juli 2017 - 08:13 WIB

Ilustrasi Carnaval Tropical de Paris (Foto Ist)
Ilustrasi Carnaval Tropical de Paris (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - London- Penampilan tim Indonesia dengan 120 personel menarik perhatian penonton Carnaval Tropical de Paris di sepanjang jalan Champs Elysees and Arc de Triomphe, Paris, Minggu (2/7/2017)

Rombongan Indonesia terdiri dari diaspora, Asosiasi Franco-Indonesie dan PPI Paris tampil dengan paduan tarian/musik Bali, Kalimantan, Maluku dan Sumatera Utara, Pencak silat serta barisan Nusantara dengan pakaian adat Carnaval tahunan ini yang dilaksanakan oleh Kantor Walikota Paris dengan tema sport and culture diikuti 33 peserta pilihan ,29 Asosiasi Kemasyarakatan di Prancis dan empat Negara, kata Minister Counsellor KBRI Paris, Henry R Kaitjily kepada Antara London, Senin (3/7/2017)

Dikatakannya Indonesia merupakan satu-satunya negara yang mewakili benua Asia terpilih untuk tampil di ajang bergengsi ini. Negara lain yang ikut hadir yaitu Colombia, Bolivia, Brasil dan Peru.

Acara Carnaval Tropical de Paris mendapat liputan secara langsung oleh berbagai TV lokal di Prancis disaksikan 25 juta pemirsa dan sekitar 500 ribu masyarakat setempat dan turis mancanegara yang memadati area Champs Elysees dan Arc de Triomphe.

Antusias warga Prancis untuk menyaksikan carnaval tahunan itu dimanfaatkan KBRI Paris dan masyarakat Indonesia di Prancis untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Prancis dan turis mancanegara.

Hal yang menarik adalah kehadiran anggota DPR RI Maruarar Sirait yang sedang berada di Paris bersama keluarga turut bergabung dan memberikan semangat bagi para peserta.

Henry R Kaitjily mengatakan bahwa para penari dan pemusik tampil sukarela, sedangkan KBRI Paris hanya menyewakan truck, dekorasi, pinjam pakaian dan musik tradisional serta konsumsi.

Setiap tahun masyarakat Indonesia mempromosikan Budaya Indonesia kepada masyarakat setempat dan turis mancanegara diberbagai kota di Prancis yang merupakan ujud kecintaan terhadap Indonesia meskipun tidak didukung oleh Kementerian tetapi warga Indonesia dengan swadaya memberikan yang terbaik, demikian Henry R Kaitjily.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…

Kepulauan Morotai, Maluku Utara. (Foto: IST)

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:12 WIB

Gubernur Maluku Utara Dorong Pulau Morotai Jadi Lumbung Ikan

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba mendorong Pulau Morotai menjadi lumbung ikan.