Reza Rahardian Prihatin Intoleransi dalam Masyarakat Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 02 Juli 2017 - 03:58 WIB

Reza Rahadian
Reza Rahadian

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Aktor Reza Rahadian mengaku prihatin atas intoleransi yang timbul dalam masyarakat Indonesia, terutama selama Pilkada DKI Jakarta, September 2016 hingga April 2017.

Dalam salah satu dialog panel Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang membahas tentang "Peran Diaspora Menyebarkan Toleransi dan Kerukunan Beragama di Pentas Dunia" di Jakarta, Sabtu (1/7/2017) aktor 30 tahun itu mengungkapkan situasi politik dapat secara kuat memicu kerenggangan hubungan antarumat beragama termasuk di Indonesia.

"Saya yakin topik toleransi dan Pancasila tidak akan sefenomenal sekarang pembahasannya kalau tidak ada pilkada, saat Pak Anies dan Pak Ahok bertemu," kata Reza.

Isu agama memang mewarnai kompetisi Pilkada DKI antara pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang berujung pada vonis dua tahun penjara terhadap Ahok pada Mei lalu.

Menurut Reza, pemberitaan media juga menjadi salah satu faktor munculnya kecemasan dalam masyarakat sehingga menyulitkan masyarakat melihat persoalan dasar yang sebenarnya terjadi di republik ini.

Kurangnya rasionalitas seseorang dalam melihat sebuah persoalan, ditambah isu agama yang sangat sensitif, menyebabkan seseorang cenderung memihak pada golongan orang-orang yang sama keyakinannya.

Padahal, menurut pemeran BJ Habibie dalam film "Rudy Habibie" itu, perbedaan merupakan sesuatu yang mutlak. Kelompok tertentu tidak boleh menggunakan kekerasan untuk membenarkan istilah agama masing-masing.

"Kalau ada rencana untuk menyeragamkan yang berbeda itu salah menurut saya. Kita harus 'grow up', bahwa interpretasi terhadap pemahaman keagamaan perlu disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini," tutur Reza.

Selain peran masyarakat untuk membangun toleransi dan kerukunan antaragama, ia juga meminta pemegang kekuasaan untuk berani mengambil sikap netral dan tidak berpihak pada kelompok-kelompok intoleran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Apple di Indonesia

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…