Mau Disayang Teman Kerja? Ini Caranya...

Oleh : Irvan AF | Selasa, 27 Juni 2017 - 08:17 WIB

Ilustrasi rekan kerja. (Foto: Gallup)
Ilustrasi rekan kerja. (Foto: Gallup)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rekan kerja yang baik menyuntikkan kesenangan dan energi positif dalam hari kerja kita. Mereka bekerja dengan kita untuk mencapai tujuan umum dan merupakan sebuah bagian besar dari alasan mengapa kita berharap untuk menonjol dalam pekerjaan. Menstimulasi rekan kerja membuat tim, dan lebih luasnya, perusahaan menjadi lebih kuat.

Kebahagiaan kita dalam pekerjaan menciptakan korelasi langsung dengan kinerja kita. Lingkungan kerja yang dinamis menghasilkan ide-ide segar dan sudut pandang untuk terobosan kreatif. Akan tetapi orang-orang, bukan ruangnya, yang menentukan. Setiap orang memiliki bagian untuk berperan dalam mendefinisikan budaya dan lingkungan kerja perusahaan.

Apa yang membuat seseorang menjadi rekan kerja yang disayang? Berikut adalah 7 kualitas rekan kerja favorit semua orang, seperti dilansir oleh Tim Jobstreet:

1. Terbuka

Bersikap menerima sudut pandang yang berbeda dan kritik membangun merupakan sebuah kualitas penting yang meningkatkan kerja tim dan produktivitas. Hal ini tidak berarti bahwa Anda harus setuju akan segala hal dan menjadi seorang yang gampangan. Hal ini berarti menghormati opini yang berbeda, dan memiliki kerendahan hati untuk menerima kritik membangun akan kinerja Anda. Anda tidak harus setuju dengan hal tersebut, akan tetapi review dari rekan Anda dapat menjadi suatu cara yang hebat untuk berkembang dan tumbuh.

2. Fleksibel

Kemampuan beradaptasi akan perubahan adalah kunci untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, khususnya untuk lingkungan kerja kreatif dan industri kompetitif. Lebih dari sebelumnya, sekarang ini menyesuaikan diri dengan laju  perkembangan teknologi  yang cepat – cara kita hidup, bekerja, dan bermain telah sepenuhnya bertransformasi, dan berlanjut untuk berevolusi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa tahun kedepan, mobil-mobil tanpa pengemudi dan drone delivery akan menjadi penampakan sehari-hari, dan siapa tahu ada yang lainnya lagi!

3. Akuntabilitas

Akuntabilitas — pengakuan akan kinerja dan tanggung jawab Anda – mengatakan pada anggota tim Anda bahwa mereka bisa mengandalkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan ketika Anda menyanggupi untuk menyelesaikannya. Hal ini menunjukkan integritas dan kepercayaan ketika Anda membuat diri Anda sendiri dapat diandalkan untuk memenuhi batas akhir dan standar penyampaian, khususnya ketika Anda melakukan kesalahan dan focus kepada gambaran besarnya daripada membuat alasan untuk menutupi kesalahan.

4. Inisiatif

Inisiatif mengatakan banyak hal tentang karakter seseorang. Cepat bertindak saat Anda melihat anggota tim Anda berjuang dengan suatu tugas atau hanya sekedar memberi ide segar dan masukan yang membangun tanpa diminta akan memberikan Anda nilai tambah di depan tim Anda. Setiap orang menghargai seorang anggota tim yang selalu menolong!

5. Pemain tim

Tunjukkan bagaimana Anda adalah seorang bintang pemain tim dengan tetap fokus pada pekerjaan dan memprioritaskan tujuan perusahaan. Jangan teralihkan oleh politik kantor dan berpihak pada satu sisi. Hal ini bukanlah tujuan Anda digaji. Teman tim Anda akan lebih menghormati Anda karena hal ini dan mengapresiasi profesionalisme Anda.

6. Empati

Tunjukkan empati untuk rekan kerja Anda saat mereka menghadapi masalah pribadi maupun masalah pekerjaan membuat perbedaan besar yang mungkin tidak Anda sadari. Hanya fakta sederhana bahwa seseorang peduli terhadap apa yang sedang Anda alami membuat Anda merasa dihargai dan entah bagaimana hal ini dapat mengurangi stress Anda. Empati juga membantu membentuk ikatan antara dua pihak, memupuk kepercayaan yang lebih besar dan rasa saling hormat.

7. Pemecah masalah

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana cara orang-orang dengan sendirinya mulai menunjukkan jari mereka ketika ada masalah? Reaksi defensif ini benar-benar tidak berguna dalam memecahkan masalah dan tidak produktif dalam berbagai cara. Penting untuk mengidentifikasi penyebab masalah untuk mencegah adanya kekambuhan, tetapi prioritasnya sebaiknya ada pada memecahkan masalah dan mengendalikan kerugian daripada menyalahkan dan mempermalukan seseorang. Wow, dengan adanya anggota tim Anda ditambah dengan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah dan Anda akan dengan instan menjadi orang favorit yang akan selalu didatangi.

Adakah hal lain yang ingin ditambahkan dalam daftar tersebut? Bagikan dengan kami dalam bagian komentar di bawah ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…