Pemprov Jabar Siapkan Lima Stadion Dipakai Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Desember 2016 - 19:16 WIB

Asian games 2018-foto IST
Asian games 2018-foto IST

INDUSTRY.co.id - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan lima stadion sepak bola di Provinsi Jawa Barat akan dipakai untuk pelaksanaan cabang olahraga sepakbola pada ajang Asian Games 2018.

"Jadi dalam rapat 5th Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Meeting yang dipimpin oleh Ketua OCA dan Menko PMK Ibu Puan Maharani di Jakarta kemarin, lahir kepastian bahwa sejumlah venue di Jabar akan menggelar cabang olahraga Asian Games," kata Iwa Karniwa kepada Antara di Bandung, Kamis (15/12).

Kelima sadion yang diputuskan sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, kata dia, ialah yakni Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Patriot Kota Bekasi, Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan GBLA Kota Bandung.

"Kemudian untuk laga finalnya, belum ada informasi sementara keputusannya itu. Kami menyatakan siap menggelar Asian Games," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Provinsi Jawa Barat juga siap menjadi tempat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga lainnya untuk Asian Games 2018 seperti cabang olahraga sepeda BMX.

"Lalu ada juga untuk cabang paralayang Asian Games juga akan digelar di Gunung Mas, Bogor," kata dia.

Ia mengatakan pada awalnya Kabupaten Sumedang yang pada PON 2016 lalu menggelar cabang tersebut diajukan namun karena pertimbangan jarak, waktu tempuh dan akomodasi maka venuenya berganti ke Bogor.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam rapat tersebut Provinsi Jabar tidak terlalu mendapat banyak catatan dari OCA karena dinilai sudah sangat siap.

"Dan catatan dari cabang olahraga pun menurutnya minim, karena OCA lebih banyak menyoroti kesiapan di DKI dan Palembang. Berdasarkan hasil evaluasi OCA, venue di Jabar tidak mengalami kendala," kata dia.

Sementara itu, terkait anggaran, Iwa mengaku masih akan ada rapat teknis yang dilakukan pemerintah krena venue di Jabar sudah siap digunakan menurutnya tidak akan ada anggaran yang besar dikucurkan.

"Namun kami menyatakan siap menyusuaikan jika ada hibah dari pusat. Dan sampai saat ini juga belum ada anggaran yang menjadi beban APBD," kata Iwa. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar Sulsel

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…

 Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:24 WIB

Platform Sourcing Terbesar Industri TPT di Indonesia Hadapi Era Industri 4.0

Indo Intertex - Inatex - Indo Dyechem - Indo Texprint 2019 Siap Dongkrak Investasi di Sektor Industri Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:12 WIB

Qlue dan Kominfo Hadirkan Smart Citizen Day Wujudkan Indonesia Smart Nation

Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Rl berkomitmen untuk menciptakan smart city untuk mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation.

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Gempa Mataram NTB

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Martawang mengatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi korban gempa bumi…