Presiden Jokowi- Ibu Iriana Gelar Open Huse di Istana Negara Jakarta

Oleh : Herry Barus | Minggu, 25 Juni 2017 - 08:47 WIB

Presiden Jokowi Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H (Foto Setkab)
Presiden Jokowi Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo menggelar "open house" untuk bersilaturahim dan halalbihalal dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pejabat, dan masyarakat umum di Istana Negara Jakarta, Minggu(25/6/2017)

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi akan melakukan silahturahim dan maaf-maafan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta keluarga pada pukul 08.45 WIB.

Selanjutnya pada pukul 09.00-11.00 WIB, Presiden menggelar silaturahim dan halalbihalal dengan para pejabat dan masyarakat umum.

Sebelumnya, Presiden, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo beserta putrinya, Kahiyang Ayu dan putranya, Kaesang Pangarep, melakukan Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta.

Salat Id di Istiqlal juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Mufidah Jusud Kalla, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan istri, Happy Farida, serta para menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara, dan duta besar negara sahabat.

Dalam Salat Id itu, khatib Quraish Shihab mengajak umat Islam untuk menjaga keberagaman pada hari Lebaran 2017.

"Kata fitri atau fitrah berarti asal kejadian, bawaan sejak lahir. Ia adalah naluri," kata Quaraish saat menyampaikan khutbah Shalat Idul Fitri.

Ia menegaskan tentang makna lainnya atas "fitri".

"Fitri juga berarti suci karena kita dilahirkan dalam keadaan suci bebas dari dosa. Fitrah juga berarti agama karena keberagaman mengantar manusia mempertahankan kesuciannya," ujarnya.

Ia juga mengajak umat untuk menghormati perbedaan.

"Kita bersama sebagai umat Islam dan sebagai bangsa kendati mazhab, agama, atau pandangan politik berbeda karena kita semua berketuhanan Yang Maha Esa," katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengajak umat menghindari perpecahan bangsa dan negara.

"Kita semua satu bangsa, bahasa, dan tanah air, serta telah sepakat Berbhinneka Tunggal Ika dan menyadari, bahkan agama-agama tidak melarang kita berkelompok dan berbeda, yang dilarang adalah berkelompok dan beselisih," katanya.

Menurut dia, keragaman dan perbedaan adalah keniscayaan yang dikehendaki Allah untuk seluruh makhluk, termasuk manusia, seperti tertulis dalam Surah Almaidah 5:48.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…