Quarish Shihab Isi Khutbah Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:50 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan mantan Menteri Agama Quraish Shihab akan mengisi khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah/2017 Masehi di masjid terbesar Asia Tenggara tersebut.

"Quraish Shihab akan menjadi khatib shalat Idul Fitri," kata Abu saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (24/6/2017)

Dia mengatakan khatib lewat ceramahnya akan menyampaikan pesan mengenai pentingnya memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sejauh ini, kata dia, panitia shalat Id Masjid Istiqlal menyiapkan pengeras suara di 16 titik strategis sehingga ceramah dapat terdengar oleh jamaah di sepanjang masjid.

Antisipasi pasokan listrik, lanjut dia, juga disiapkan genset diesel guna berjaga-jaga sebagai pemasok listrik darurat apabila listrik PLN mengalami kendala. Berbagai fasilitas masjid juga sudah disiapkan sejak dua pekan terakhir seperti dengan memastikan pasokan air wudhu dan sanitasi.

Terkait pengamanan masjid, Abu mengatakan pihaknya menyerahkan kepada Paspampres mengingat sejumlah tamu penting akan hadir di Istiqlal tidak terkecuali Presiden Joko Widodo dan sejumlah tamu penting seperti pejabat negara dan duta besar negara sahabat.

Dia mengatakan pengamanan Masjid Istiqlal sepenuhnya diserahkan kepada Paspampres sementara pihak pengelola masjid memberi fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk memperlancar proses pengamanan.

Sementara itu, dia mengatakan berlaku sebagai Imam shalat Id di masjid tersebut adalah imam tetap shalat rawatib Masjid Istiqlal yaitu Ahmad Husni Ismail. Diperkirakan sebanyak 150 ribu jamaah akan memadati Istiqlal.

Terkait kepastian hari pelaksanaan shalat Idul Fitri, Abu mengatakan pihaknya masih menunggu sidang penetapan (isbat) 1 Syawal 1438 Hijriyah di Kementerian Agama. Pihaknya siap menyelenggarakan shalat Id kapan saja sesuai hasil sidang isbat tersebut. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…