Setya Novanto Prihatin Teror di Masjid Haram Mekkah Arab Saudi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:31 WIB

Setya Novanto
Setya Novanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan prihatin atas percobaan serangan teror bom bunuh diri yang akan menyerang Masjidil Haram di Kota Makkah Arab Saudi.

"Teror bom bunuh diri ini sangat memprihatinkan, karena akan menyerang pusat peradaban umat Islam di Kota Makkah. Apalagi serangan itu dilakukan menjelang Idul Fitri," kata Setya Novanto melalui pernyataan tertulisnya yang diterima Redaksi  di Jakarta, Sabtu (24/6/2017)

Menurut Novanto, di kota suci dan menjelang Idul Fitri, siapapun sepatutnya menghindari dari perilaku keji yang ingin merusak tatanan kehidupan dan peradaban.

Pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, kata dia, ada jutaan umat Islam berkumpul di Masjidil Haram, untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Sungguh ironis, jika kemuliaan ibadah dinodai oleh perilaku keji sekelompok orang. Saya mengutuk seluruh pelaku dan orang-orang yang terlibat dalam rencana teror bom tersebut," katanya.

Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan, teringat pada peristiwa serupa yakni serangan teror di Masjid Nabawi di Madinah pada tahun lalu.

Meskipun insiden tersebut di dekat Masjid Nabawi, kata dia, tapi efek keprihatinan dalam kehidupan beragama sangat besar.

"Bagaimana mungkin pusat-pusat keagamaan menjadi sasaran perbuatan keji yang merusak kemanusiaan," katanya.

Menurut Novanto, meskipun belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait percobaan serangan bom bunuh diri ke Masjidil Haram, tapi siapapun pelaku tersebut, mereka adalah orang-orang yang tidak memahami hakikat kemanusiaan.

Novanto juga mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tidak mengkait-kaitkan aksi teror ini dengan sentimen keagamaan.

"Agama apapun yang ada di muka bumi ini, tidak mengajarkan perilaku yang mencederai, apalagi sampai membunuh sesama manusia," katanya.

Novanto juga mengingatkan masyarakat Indonesia untuk waspada dan selalu peduli terhadap lingkungan sekitar dari isu global, nasional, maupun lokal yang patut diwaspadai.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan demi kehidupan yang lebih baik," katanya.

Sebelumnya, diberitakan pasukan keamanan Arab Saudi berhasil menggagalkan percobaan serangan bom bunuh diri di Masjidil Haram, di Kota Mekah, Jumat (23/6) malam waktu setempat atau Sabtu dinihari waktu Indonesia.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, pasukan keamanan Arab Saudi mengamankan calon pelaku teror di sebuah apartemen, dekat Masjidil Haram, tempat dia meledakkan diri.

Dalam sebuah pernyataan yang dibacakan dalam siaran televisi Pemerintah, kementerian tersebut mengatakan bahwa tiga pelaku telah merencanakan serangan terhadap jamaah dan pasukan keamanan di masjid tersebut, saat bulan suci umat Islam, Ramadan mendekati puncaknya.

Calon pelaku serangan bom bunuh diri yang terjebak melakukan baku tembak dengan pasukan keamanan, lalu memicu alat peledak saat dia dikepung di sebuah rumah di Ajyad al-Masafi, di pusat Kota Mekah dekat masjid, yang selama ini dijadikan basis serangan, kata kementerian tersebut.

Lima tersangka calon pelaku teror termasuk seorang wanita ditangkap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…