Musim Mudik, Penjualan BBM di Jawa Barat Naik Rata-rata 49 Persen

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 24 Juni 2017 - 12:56 WIB

Ilustrasi Antrian BBM (Ist)
Ilustrasi Antrian BBM (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Hingga Kamis (22/6/2017), penjualan bahan bakar minyak (BBM) khusus jalur mudik daerah Jawa Barat, mengalami peningkatan 49% dari hari biasa.

"Kenaikan terbesar terjadi di SPBU daerah Jawa Barat yang mencapat rata-rata 49 persen, sedangkan di daerah Jawa Tengah meningkat 27 persen," kata Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Muchammad Iskandar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (23/6/2017).

Iskandar mengatakan, kenaikan penjualan tersebut sudah diantisipasi Pertamina sehingga penyaluran BBM ke masyarakat tidak terhambat.

Saat kunjungan ke Terminal BBM Plumpang, Iskandar memastikan penyaluran BBM pada H-3 Lebaran, yang merupakan puncak arus mudik, berjalan dengan lancar.

TBBM Jakarta Group Plumpang merupakan terminal yang melayani distribusi BBM ke 876 unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) area Jabodetabek, Bogor, Sukabumi, dan Puncak dengan volume rata-rata 14.800 kilolter (KL) per hari.

Sejak 10 Juni 2017, penyaluran dari TBBM Plumpang tercatat mengalami kenaikan sebesar 2,7 persen dari rata-rata kondisi normal. Secara nasional, kenaikan penyaluran produk gasoline, yakni Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo pada periode 10-21 Juni 2017 mencapai 7,15 persen dibandingkan kondisi normal 2017.

Seperti sebelumnya, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah dan DIY (Marketing Operation Region IV) sebesar 11 persen dibandingkan kondisi normal atau meningkat dari 11.399 kl menjadi 12.696 kl.

Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM, Pertamina telah menambah stok BBM, menambah jumlah armada mobil tangki, menyiagakan 50 titik Kios Pertamax, 83 motor Satgas BBM dan 9 Mobile Dispenser.

Selain itu Pertamina juga menyiapkan 10 titik Serambi Pertamax yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti mushola, ruang bermain anak, ruang menyusui serta Wi-Fi gratis untuk pemudik yang ingin beristirahat.

Sejumlah tips dari Pertamina yang harus diperhatikan pemudik, yaitu mengisi BBM penuh sebelum melakukan perjalanan jauh, mengisi ulang jika BBM sudah tinggal separuh, menggunakan aplikasi Pertamina GO untuk mengetahui lokasi SPBU, Serambi Pertamax, dan Kios Pertamax terdekat serta mengubungi layanan pusat kontak Pertamina 1-500-000 jika mengalami kendala. (tar)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.