Dongkrak Kelesuan Ekonomi, UangTeman FinTech Pertama di Balikpapan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Juni 2017 - 10:27 WIB

Deputy of CEO UangTeman Rio Quiserto (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Deputy of CEO UangTeman Rio Quiserto (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Balikpapan - Tidak hanya eksis di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Indonesia Timur, UangTeman juga menjadi layanan pinjaman berbasis teknologi (financial technology/fintech) pertama yang melayani masyarakat di Balikpapan, atau dikenal dengan Kota Minyak di Kalimantan Timur (Kaltim) per 15 Mei 2017.

Kehadiran UangTeman diharapkan mampu memberikan solusi tepat bagi pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota
Balikpapan dan turut mendongkrak laju perekonomian masyarakat setempat.

Deputy CEO UangTeman Rio Quiserto mengatakan, langkah ekspansi ke Kalimantan adalah bagian dari visi UangTeman untuk membantu para pelaku UKM yang selama ini yang selalu dipersulit untuk memperoleh pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan
konvensional lainnya. Ia menegaskan, masyarakat kini hanya tinggal mengakses UangTeman maupun dari aplikasi mobile baik di Play Store atau App Store untuk mengajukan aplikasi pinjamannya.

“UangTeman siap menjangkau lebih dari 700 ribu jiwa di Balikpapan, atau sekitar 22 persen dari keseluruhan penduduk di Kaltim. Dengan proses di UangTeman serba online, tanpa tatap muka dan tanpa jaminan, kami optimistis dapat menjadi solusi tepat bagi masyarakat di sini yang ingin maju secara ekonomi khususnya para pelaku UKM,” ujar Rio di Balikpapan, Kamis (22/6/2017).

Menurut Rio, Balikpapan yang dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mampu berubah menjadi kota yang produktif dengan semakin banyaknya para pelaku UKM di wilayah ini. Hal ini, mampu terealisasi berkat keberadaan UangTeman yang fokus pada pemberian kemudahan akses dan tanpa jaminan bagi masyarakat yang ingin memperoleh tambahan modal usaha.

Sementara, Head of Public & Government Relations Rimba Laut mengatakan, hingga akhir tahun 2017 UangTeman dapat menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 5 miliar di Kota Balikpapan. Jumlah tersebut merupakan target kontribusi sebesar lima persen dari total yang akan disalurkan oleh UangTeman sepanjang tahun ini secara nasional, yakni Rp 100 miliar.

“Dari hasil sensus ekonomi tahun 2016, sektor UKM di Kaltim mencapai 96,81 persen dari jumlah usaha di Bumi Etam dan terdapat 313 ribu usaha di provinsi ini. Sayangnya, Kota Balikpapan merupakan kabupaten/kota dengan pertumbuhan terendah, yakni 15 persen. Kendala terbesar adalah permodalan dan UangTeman siap memberikan solusi tepat karena UKM memiliki peran yang besar, salah satunya mampu mendatangkan pendapatan asli daerah,” ungkap Rimba.

Ia menambahkan, khusus pembukaan akses layanan di Balikpapan, UangTeman memberikan diskon biaya layanan sebesar 50 persen hingga 30 Juni 2017 dengan menambahkan kode promo BLPMEDIA setelah menentukan berapa besar jumlah pinjaman maupun durasi pengembaliannya.

Di sisi lain, Chief Technology & Product Officer UangTeman Darmawan Zaini berpendapat, bahwa UangTeman mampu memecahkan dua masalah utama yang paling umum dihadapi masyarakat di Indonesia. Pertama, kemudahan akses dapat memberikan pinjaman mikro jangka pendek secara online kepada orang-orang yang memiliki rekening bank dasar, tetapi tidak memiliki akses terhadap kredit.

Kedua, proses pengajuan pinjaman di UangTeman sangat mudah dengan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit bagi calon nasabah untuk melengkapi formulir aplikasi, termasuk untuk mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP), slip gaji bagi yang karyawan atau surat keterangan penghasilan usaha dari RT dan RW bagi pelaku UKM, dan foto potret diri (selfie).

“Sistem teknologi UangTeman kemudian dapat dengan cepat langsung menyetujui atau menolak aplikasi yang masuk. Saat ini, waktunya hanya dua hari kerja langsung ditransfer ke rekening bank pemohon kalau disetujui. Bahkan, inovasi teknologi terbaru UangTeman telah memungkinkan penyaluran pinjaman uang ke rekening bank pemohon hanya dalam waktu kurang dari 15 menit sejak aplikasi masuk ke sistem,” tegas Darmawan.

Ia menjelaskan, teknologi yang dimiliki UangTeman dapat dengan sangat cepat mengambil keputusan apakah akan memberikan pinjaman kepada si pemohon. Hanya dalam waktu satu hingga dua detik saja, katanya, yang sekaligus menunjukkan bahwa teknologi di UangTeman pada dasarnya juga dapat memutuskan apakah si pemohon pinjaman dapat membayar kembali pinjamannya atau tidak.

“Kami ingin semua orang yang bertanggung jawab di Indonesia memperoleh pinjaman dari UangTeman, kapanpun dan dimanapun. Pinjaman cepat, mudah, dan tanpa jaminan adalah karakteristik UangTeman, tapi tidak sembrono dalam menyalurkannya. Ini terlihat dari data kredit macet (NPL) di UangTeman yang tetap stabil di bawah tiga persen selama lebih dari dua tahun di Indonesia,” tambahnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…