Standarisasi Sepeda Motor Tingkat Regional Masih Alami Hambatan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Desember 2016 - 14:50 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Standardisasi sepeda motor di tingkat regional yang digagas oleh Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) masih mengalami hambatan karena masing-masing negara berkeinginan menjadi penyedia lembaga uji.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Yan Sibarang kepada pers di Jakarta, Kamis (15/12).

"Masing-masing negara di Asean memang mengincar nilai tambah dengan memberdayakan laboratorium pengujian yang ada," ujarnya.

Menurut Yan, pemerintah di masing-masing negara akhirnya bersepakat untuk melakukan pendataan dan sertifikasi terhadap laboratorium pengujian yang ada.

"Akan didata dulu, mana yang sesuai dan mana yang tidak. Yang dianggap paling layak itu akan menjadi penyedia uji," papar dia.

Standardisasi juga akan mempertimbangkan spesifikasi produk yang berlaku di Eropa, mengingat kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi ekspor. Poin yang telah di sepakati adalah mengenai standar gas buang atau emisi.

Saat ini, Eropa telah menetapkan standar emisi Euro 4 untuk sepeda motor, sedangkan Indonesia dan beberapa negara di Asean masih menerapkan Euro 3. Namun, mulai tahun depan roda dua rakitan dalam negeri yang diekspor ke Eropa menggunakan standar Euro 4.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…