Standarisasi Sepeda Motor Tingkat Regional Masih Alami Hambatan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Desember 2016 - 14:50 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Standardisasi sepeda motor di tingkat regional yang digagas oleh Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) masih mengalami hambatan karena masing-masing negara berkeinginan menjadi penyedia lembaga uji.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Yan Sibarang kepada pers di Jakarta, Kamis (15/12).

"Masing-masing negara di Asean memang mengincar nilai tambah dengan memberdayakan laboratorium pengujian yang ada," ujarnya.

Menurut Yan, pemerintah di masing-masing negara akhirnya bersepakat untuk melakukan pendataan dan sertifikasi terhadap laboratorium pengujian yang ada.

"Akan didata dulu, mana yang sesuai dan mana yang tidak. Yang dianggap paling layak itu akan menjadi penyedia uji," papar dia.

Standardisasi juga akan mempertimbangkan spesifikasi produk yang berlaku di Eropa, mengingat kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi ekspor. Poin yang telah di sepakati adalah mengenai standar gas buang atau emisi.

Saat ini, Eropa telah menetapkan standar emisi Euro 4 untuk sepeda motor, sedangkan Indonesia dan beberapa negara di Asean masih menerapkan Euro 3. Namun, mulai tahun depan roda dua rakitan dalam negeri yang diekspor ke Eropa menggunakan standar Euro 4.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…