Standarisasi Sepeda Motor Tingkat Regional Masih Alami Hambatan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Desember 2016 - 14:50 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Standardisasi sepeda motor di tingkat regional yang digagas oleh Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) masih mengalami hambatan karena masing-masing negara berkeinginan menjadi penyedia lembaga uji.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Yan Sibarang kepada pers di Jakarta, Kamis (15/12).

"Masing-masing negara di Asean memang mengincar nilai tambah dengan memberdayakan laboratorium pengujian yang ada," ujarnya.

Menurut Yan, pemerintah di masing-masing negara akhirnya bersepakat untuk melakukan pendataan dan sertifikasi terhadap laboratorium pengujian yang ada.

"Akan didata dulu, mana yang sesuai dan mana yang tidak. Yang dianggap paling layak itu akan menjadi penyedia uji," papar dia.

Standardisasi juga akan mempertimbangkan spesifikasi produk yang berlaku di Eropa, mengingat kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi ekspor. Poin yang telah di sepakati adalah mengenai standar gas buang atau emisi.

Saat ini, Eropa telah menetapkan standar emisi Euro 4 untuk sepeda motor, sedangkan Indonesia dan beberapa negara di Asean masih menerapkan Euro 3. Namun, mulai tahun depan roda dua rakitan dalam negeri yang diekspor ke Eropa menggunakan standar Euro 4.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Baywalk Mall Rayakan Pengibaran Bendera Merah Putih di Laut, Kamis (17/8/2017) Photo: INDUSTRY.co.id

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:47 WIB

Baywalk Watersport Arena Olahraga Air Pertama di Pusat Perbelanjaan

Beragam cara dalam memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72, salah satunya yang dilakukan Baywalk Mall Pluit dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan menggunakan…

Gedung Bank DKI

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:21 WIB

Bank DKI Dukung Peresmian Gerai Samsat Pluit Village

Dukung pelayanan kepada wajib pajak di DKI Jakarta, Bank DKI menyambut baik keberadaan Gerai Samsat Mall Pluit Vilage yang belum lama diresmikan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Sekretaris…

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kedua dari kiri) turut memeriahkan lomba khas 17 Agustus bersama dengan Staf Khusus Menteri BUMN Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin (paling kanan), Direktur Utama Krakatau Steel Mas Wigrantoro Roes Setiyadi (

Kamis, 17 Agustus 2017 - 20:06 WIB

Telkom dan Krakatau Steel Tegaskan Komitmen BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk beserta BUMN lain yang ada di Provinsi Banten melaksanakan upacara peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia…

Logo Pikulbareng

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:53 WIB

Sof Launching Pikulbareng, Fokus Pembiayaan Syariah

Lembaga bisnis sekaligus amal sosial atau dikenal istilahnya crowdfunding mulai unjuk gigi di Indonesia. Keberadaan model bisnis ini terbilang baru.

OSO Ketua DPD mendapat sepeda dalam peringatan kemerdekaan 72 tahun RI di Istana Merdeka, Kamis (17/8). (Foto: Humas/Oji).

Kamis, 17 Agustus 2017 - 19:47 WIB

Pemakai Baju Adat Terbaik Dapat Hadiah Sepeda

Pemakai baju adat terbaik dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka Jakarta mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.