Standarisasi Sepeda Motor Tingkat Regional Masih Alami Hambatan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Desember 2016 - 14:50 WIB

Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)
Industri Sepeda Motor (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Standardisasi sepeda motor di tingkat regional yang digagas oleh Federation of Asian Motorcycle Industries (FAMI) masih mengalami hambatan karena masing-masing negara berkeinginan menjadi penyedia lembaga uji.

Hal tersebut di sampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Yan Sibarang kepada pers di Jakarta, Kamis (15/12).

"Masing-masing negara di Asean memang mengincar nilai tambah dengan memberdayakan laboratorium pengujian yang ada," ujarnya.

Menurut Yan, pemerintah di masing-masing negara akhirnya bersepakat untuk melakukan pendataan dan sertifikasi terhadap laboratorium pengujian yang ada.

"Akan didata dulu, mana yang sesuai dan mana yang tidak. Yang dianggap paling layak itu akan menjadi penyedia uji," papar dia.

Standardisasi juga akan mempertimbangkan spesifikasi produk yang berlaku di Eropa, mengingat kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi ekspor. Poin yang telah di sepakati adalah mengenai standar gas buang atau emisi.

Saat ini, Eropa telah menetapkan standar emisi Euro 4 untuk sepeda motor, sedangkan Indonesia dan beberapa negara di Asean masih menerapkan Euro 3. Namun, mulai tahun depan roda dua rakitan dalam negeri yang diekspor ke Eropa menggunakan standar Euro 4.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:35 WIB

Bekraf Beri Komitmen untuk Naikkan Pasar Game Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen untuk menaikkan pangsa pasar "game" pengembang lokal hingga menjadi 10 persen. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers di Jakarta,…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:20 WIB

IEA Beri Catatan Positif Reformasi Subsidi Energi

Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA) Fatih Birol menyampaikan hasil positif atas reformasi subsidi energi yang telah dilakukan Indonesia. Fatih di Kementerian Energi dan Sumber…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:02 WIB

Kementerian ESDM Akan Kembali Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto Tahun 2018.

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Mahathir Mohammad (Foto Setkab)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Mahathir Bersikukuh Akan Terapkan SST

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersikukuh akan menerapkan Service and Sales Tax (SST) atau Pajak Pelayanan dan Penjualan untuk menggantikan Goods and Service Tax (GST) atau Pajak…

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Bersama dengan masyarakat wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bank Mandiri menggelar turnamen Bola Voli antar kampung untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Diikuti oleh 44 tim dari berbagai…