Menkominfo Resmikan Pelayanan Prima Permudah Akses Publik

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Juni 2017 - 03:01 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Rudiantara (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan "Pelayanan Prima", yang merupakan layanan terpadu satu pintu berbasis daring, untuk mempermudah dan mempercepat publik mengakses layanan yang disediakan Kemenkominfo.

"Kominfo itu harus menjadi kementerian terdepan yang menggunakan sistem digital dalam pelayanannya, sehingga pemakaian teknologi lebih diarahkan saat ini," ujar Rudiantara di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (21/6/2017)

Apalagi, di era teknologi informasi yang pesat ini kecepatan merupakan suatu hal yang sangat penting, sehingga Presiden Joko Widodo juga telah menekankan para ASN menerapkan pemerintahan berbasis elektronik atau e-government.

Terkait dengan itu, menurut Rudiantara, sejak 2015 Kemenkominfo telah memangkas waktu pelayanan manual dalam memberikan jasanya kepada publik, dengan mengeluarkan peraturan tentang pengurangan jumlah hari dalam memberikan perizinan, dari 50 hari menjadi 20 hari.

Namun, dengan hadirnya Pelayanan Prima ini, masyarakat kini akan lebih diuntungkan karena sudah sepenuhnya dapat mengakses jasa Kemenkominfo secara daring, dan tidak perlu lagi terbelit masalah birokrasi.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Ahmad Ramli menerangkan bahwa Pelayanan Prima ini memberikan manfaat bagi masyarakat untuk semua jenis layanan informasi, pengajuan, perizinan di bidang pos, telekomunikasi, penyiaran, perizinan spektrum frekuensi radio, sertifikasi perangkat telekomunikasi serta pendaftaran penyelenggara sistem elektronik.

"Kemudahan juga diberikan dengan adanya ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kementerian Kominfo dan Call Center 159, bagi pengguna jasa yang ingin berkonsultasi terkait layanan kami," jelas dia.

Ramli juga mengatakan pemohon perizinan bidang pos, telekomunikasi, dan penyiaran, pada 2016 sudah dapat mengajukan perizinan baru dan perpanjangan izin melalui situs www.pelayananprimaditjenppi.go.id.

Pengunjung situs yang menemui kesulitan dapat juga dipandu secara jarak jauh oleh agen melalui Call Center 159, yang beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB, pada hari kerja.

Layanan Call Center 159 itu juga menyalurkan bantuan pada pengajuan permohonan izin baru dan perpanjangan izin bidang pos, telekomunikasi, spektrum frekuensi & sertifikasi perangkat serta pendaftaran penyelenggara sistem elektronik, selain menerima aduan layanan telekomunikasi, ujar Ramli.

"Ke depannya diharapkan semua layanan ini akan meningkatkan kemampuan daya saing investasi dan kemudahan di dalam menciptakan peluang usaha atau investasi di dalam negeri. Walaupun kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus disempurnakan, salah satunya dengan melakukan integrasi data dengan berbagai instansi lainnya di luar Kominfo," kata dia kemudian.

Peluncuran Pelayanan Prima Kementerian Kominfo ini juga dihadiri Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta perwakilan dari Kementerian PAN dan RB, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan beserta Badan Koordinasi Penanaman Modal. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…