Baznas Ajak Pemudik Ikut Berdayakan Desa

Oleh : Irvan AF | Rabu, 21 Juni 2017 - 19:27 WIB

Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta. (Foto: IST)
Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menghimbau para pemudik untuk ikut memberdayakan desa melalui gagasan pemikiran dan dana yang telah disiapkan untuk mengahdapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Masyarakat diharapkan dapat memahami mudik bukan hanya sebagai agenda tahunan saja, tetapi juga sebagai kegiatan bernilai ekonomi.

Direktur Koordinasi Pengumpulan, Komunikasi dan Informasi Zakat Nasional Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan, hampir sepanjang tahun perputaran ekonomi hanya di kota sehingga roda perekonomian tidak merata. Pada momen mudik lebaran inilah, geliat ekonomi diharapkan dapat merata hingga ke desa.
 
“Mudik selain menjadi momen sosial budaya, tetapi juga menjadi momen peningkatan ekonomi, yakni  berupa bergesernya perputaran uang dari kota tempat masyarakat bekerja ke desa kampung halaman,” katanya dalam Press Conference “Mudik Berkah Diawali Sedekah” di Jakarta, Rabu (21/6).

Data Kementerian Perhubungan RI, tahun ini diperkirakan sebanyak 19 juta orang akan meninggalkan kota-kota besar menuju kampung halamannya. Jumlah ini naik sekitar 4,8 % dari jumlah pemudik tahun lalu. Dari jumlah pemudik tersebut, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan dana mudik masyarakat cukup tinggi mencapai Rp167 Trilliun.

Baznas memperkirakan pemudik akan membelanjakan dana kepada usaha kecil menengah (UKM) untuk berbagai kebutuhan mudik dan lebaran senilai Rp60,12 triliun yaitu sebesar 36 %. Dana sosial yang dibawa masyarakat selama mudik dan lebaran sebesar Rp48,9 Triliun atau 29%. Sedangkan sisanya untuk belanja ke sektor transportasi, komunikasi dan lainnya ke perusahaan besar atau perusahaan negara sebesar Rp57,89 atau sekitar 34%.  

“Dari dana sosial sebesar Rp48,9 Triliun tersebut, Baznas memprediksi pemudik di tahun ini akan menghabiskan lebih dari 52% diantaranya atau senilai Rp25,4 Triliun di kampung halamannya. Selebihnya akan dihabiskan sebagai dana sosial di kota,” katanya.  

Dari dana tersebut, Baznas berharap dana Rp25,4 Triliun dapat dimanfaatkan pemudik untuk membantu berbagai kebutuhan sosial masyarakat di kampung halaman.

“Bantuan sosial diharapkan dapat berupa kegiatan produktif atau bantuan sosial lainnya yang memberdayakan, tidak mendorong budaya konsumtif dan berkelanjutan,” katanya.

Baznas mendorong agar masyarakat memberi arti mudik juga sebagai alat bagi keberdayaan desa dan kampung halaman. Devisa mudik baik berupa dana belanja bagi UKM, juga donasi sosial untuk membantu berbagai kebutuhan sosial di desa kampung halaman.

Sebelum bergerak ke kampung halaman, Baznas juga menghimbau agar para pemudik dapat bersedekah, membantu saudara yang membutuhkan. Dengan bersedekah, diharapkan perjalanan mudik dapat membawa berkah bagi kehidupannya dan orang-orang di sekitarnya.(adv)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…