PGN Perluas Jaringan Pipa Gas Bumi Duri Dumai

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 21 Juni 2017 - 16:32 WIB

Pgn (Istimewa)
Pgn (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memperluas jaringan infrastruktur gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya dengan membangun jaringan pipa distribusi gas bumi di Dumai, Provinsi Riau, sepanjang 56 kilometer.

Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim, mengatakan proyek pipa distribusi gas bumi Dumai untuk pelanggan-pelanggan PGN tersebut akan terkoneksi dengan pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai sepanjang 67 km.

"Beberapa waktu yang lalu kami telah menandatangani Heads of Agreement (HOA) untuk proyek pipa transmisi Duri-Dumai bersama Pertamina," kata Jobi di acara buka puasa bersama di Kantor Pusat PGN, Jakarta Pusat, Selasa (20/6).

 Terkait pasokan gas bumi, PGN telah mendapat kepastian alokasi gas dari ConocoPhillips sebanyak 37 (Billion British thermal units per day (BBTUD) untuk 2018-2030. PGN juga akan mendapatkan tambahan pasokan gas bumi sebesar 2 BBTUD dari Jambi Merang.

"Dua proyek infrastruktur gas bumi di Duri-Dumai ini diperkirakan membutuhkan dana investasi sekitar 140 juta dolar AS (Rp 1,86 triliun)," kata Jobi.

Selain Duri-Dumai, saat ini PGN tengah mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System (WNTS) ke Pulau Pemping, Provinsi Kepulauan Riau.

Lalu, PGN juga mengembangkan pipa gas bumi di Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km dan pengembangan infrastruktur gas bumi di Gresik, Jawa Timur.

Perusahaan gas milik BUMN, tersebut juga membangun jaringan pipa distribusi gas bumi di Pasuruan, Mojokerto dan menambah jumlah pengguna gas bumi terutama di sektor industri di berbagai wilayah eksisting PGN.

Secara keseluruhan PGN telah membangun dan mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.270 km. Infrastruktur PGN ini setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia.

Hingga saat ini, PGN telah mengalirkan gas untuk 1.652 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, restoran, dan rumah makan) dan Usaha Kecil, serta untuk 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN tersebut tersebar di 19 kota di 12 provinsi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…